Pemkot Metro Susun Dokumen KLHS RPJPD 2025-2045

Pemkot Metro Susun Dokumen KLHS RPJPD 2025-2045

--

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar konsultasi publik dalam rangka penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Metro tahun 2025-2045 di OR Setda Kota Metro, Selasa, 8/8/2023.

 

BACA JUGA:Polres Metro Buka Konsultasi Hukum Gratis untuk Personel Sampai Umum

 

Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo memaparkan bahwa KLHS merupakan langkah penting dan strategis, sekaligus implementasi Undang-undang Nomor 32 tahun 2009.

 

Menurut Bangkit, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan, guna melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran, dan atau kerusakannya.

 

“Hal ini merupakan salah satu amanat yang bersifat mandatori bagi seluruh pemerintah, baik pusat sampai daerah sebagaimana tercantum dalam UU No 32 tahun 2009, Lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum,” kata Bangkit.

 

“Dengan berakhirnya RPJPD 2005-2025, serta pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 nanti. Maka, pemerintah kabupaten kota berkewajiban menyusun KLHS RPJPD dan RPJMD dalam menyusun dokumen rencana pembangunan baik jangka panjang dan menengah di Kota Metro,” sambungnya.

 

Bangkit berharap, hal ini akan dapat selaras dan mengacu pada visi Indonesia 2045 dan juga memperhatikan isu berkelanjutan, serta kondisi capaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kota Metro saat ini.

 

Sumber: