Gubernur Arinal Sambut Peserta Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Lampung

Gubernur Arinal Sambut Peserta Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Lampung

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIV Tahun 2023, di Hotel Novotel, pada hari Selasa, tanggal 6 Juni 2023.

 

Dalam pidatonya, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sangat fokus pada pembangunan di desa. Berbagai inovasi untuk memajukan ekonomi perdesaan terus didorong.

 

Sebagai bagian dari program Desa Cerdas (Smart Village), Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung saat ini sedang mengembangkan ekonomi digital di desa melalui BUMDes. Salah satunya adalah dengan mengembangkan program Elektronik Samsat Desa (e-Samdes) yang terintegrasi dengan BUMDes untuk menjadi agen pembayaran pajak kendaraan.

 

Selain program e-Samdes, Gubernur juga menyebutkan program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung, yaitu Program e-Petani Berjaya. Dalam program ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Transmigrasi bekerja sama dengan BUMDes untuk menjadi mitra dalam program e-KPB yang terintegrasi dengan program Smart Village.

 

BUMDes akan berperan sebagai kios atau sub agen dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), penyaluran pupuk dan alat pertanian, serta memenuhi kebutuhan petani lainnya.

 

"Keberhasilan program-program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung sudah sangat terlihat, Alhamdulillah. Dari total 2.446 desa di Provinsi Lampung, saat ini tidak ada lagi desa yang berstatus 'sangat tertinggal'," kata Gubernur.

 

"Sebagian besar desa sudah 'berkembang', 'maju', dan bahkan 'mandiri'. Pembangunan desa ini terus kita dorong sebagai strategi pembangunan di pedesaan," tambah Gubernur.

 

Sumber: