Kata Ahli Gizi Manfat Buah Pisang Meniingkatkan Kualittas Tidur, Ini Alasannya

Kata Ahli Gizi Manfat Buah Pisang Meniingkatkan Kualittas Tidur, Ini Alasannya

sejumlah manfaat konsumsi bbuuah pisang--dok

LAMPUNGNEWSPAPER-Ketika bekerja siang hari biasanya manusia mengalami berbagai tekanan. Misalnya, deadline menumpuk berujung lembur sehingga tak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Nyatanya, pada malam hari tubuh manusia mendapat kesempatan untuk memulihkan diri dan bersiap menghadapi hari yang akan datang.

Karena itu, banyak orang memakai beragam cara supaya dirinya bisa terlelap seperti menyeruput teh chamomile, menyalakan lilin aroma atau musik yang menenangkan, serta menutup tirai guna ciptakan lingkungan kondusif.

Di sisi lain, kualitas tidur manusia sangat bergantung pada apa yang dimakan beberapa jam sebelum tidur. Termasuk makanan berat karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan pencernaan.

Meski begitu, ada makanan yang justru bisa menenangkan otak dan meningkatkan kualitas tidur malam yakni mengonsumsi pisang.

Dikutip dari Healthshots, ahli gizi Avni Kaul mengatakan makan pisang sebelum berbaring tak hanya memuaskan hasrat manis. Tapi, juga obat alami untuk istirahat malam.

BACA JUGA:Ramen dari Jepang Lewat, Rawon Sop Terenak Di Dunia, Cocok Disantap Cuaca Dingin

"’Dalam upaya mendapatkan tidur malam nyenyak, banyak orang beralih ke berbagai pengobatan mulai dari teh herbal hingga musik yang menenangkan. Namun, solusi mudah dan lezat ialah pisang,” jelas Kaul.

Lantas, Kaul memberikan alasan lain mengapa buah tersebut menjadi rahasia jitu tidur malam nyenyak

1. Kaya Akan Nutrisi

Pisang kaya akan nutrisi dan salah satu elemen penting yang berkontribusi terhadap keajaiban pemicu tidur adalah asam amino triptofan.

Triptofan adalah pendahulu serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati dan meningkatkan relaksasi.

Selain itu, serotonin diubah menjadi melatonin, hormon yang bertanggung jawab mengatur siklus tidur-bangun.

Dengan mengkonsumsi pisang, tubuh akan memproduksi bahan kimia yang mendukung tidur nyenyak.

Sumber: