TBC Meningkat, ILS: Kolaborasi Harus Diperkuat

TBC Meningkat, ILS: Kolaborasi Harus Diperkuat

Inisiatif Lampung Sehat bersama RSUD Bob Bazar, Dinas Kesehatan Lamsel, serta elemen yang mendukung penanggulangan TBC menggelar konfrensi pers.--Ist

 

“ Kami juga mendorong SK untuk diterbitkan, agar para pekerja di perusahaan yang ada di Lamsel melalui Disnakertrans dapat mengantongi surat keterangan Bebas TBC, sebagai upaya menekan laju penyebaran TBC,” ucapnya.

 

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr. H. Bob Bazar Kalianda, Johardi mengatakan bahwa pelayanan TB di RS plat merah kebanggaan masyarakat Lamsel sudah dilengkapi Poli TB untuk melayani pasien TBC.

 

“ Untuk ruangan Poli TB RO punya ruangan tersendiri, pelayanan TB RO dan TB SO sudah dilengkapi alur dan SPO yang sudah sesuai standar permenkes no 67 tahun 2016 tentang pelayanan tuberculosis,” ujar Johardi.

 

Dokter Jo, begitu sapaan karib Johardi menjelaskan bahwa pelayanan TB DOTS ini mencakup pelayanan pasien yang suspek TB. Sehingga pasien yang berobat dapat tercatat atau teregistrasi dari awal pendaftaran sampai pengobatan, baik itu di lakukan di RS atau puskesmas terdekat dari domisili pasien tersebut.

 

BACA JUGA: Tujuan Sih Boleh Baik, Pemotongan Beras Bapanas Tetap Salahi Aturan

Sementara Dinas Kesehatan Lampung Selatan bakal menindaklanjuti upaya percepatan penanggulangan TBC di Lampung Selatan.

 

“ Hasil dari pertemuan ini bakal kami bahas di Dinkes Lamsel, kami juga sepakat untuk percepatan penanggulangan TBC mengingat TBC sangat tinggi angka persebarannya. Mudah-mudahan upaya ini dapat bermanfaat baik bagi generasi selanjutnya,” ucap Kabid P2P Dinkes Lamsel, Jamaluddin. (red)

 

 

 

 

 

Sumber: