KPU Lamsel Beritahu Pelajar Pentingnya Berdemokrasi

KPU Lamsel Beritahu Pelajar Pentingnya Berdemokrasi

Komisioner KPU Lampung Selatan Hendra memberikan pendidikan demokrasi di SMAN 1 Ketapang, Selasa (19/9/2023).--

KETAPANG,LAMPUNGNEWSPAPER - SMA Negeri 1 Ketapang menggelar projek penguatan profil Pelajar Pancasila. Projek tersebut berkenaan dengan program kurikulum pendidikan terbaru yakni kurikulum merdeka.

 

 

 

Kegiatan yang dilaksanakan halaman sekolah SMA Negeri 1 Ketapang itu mengusung tema "Suara Demokrasi, Suara Kita Untuk Demokrasi Kita Semua".

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU Kabupaten Lampung Selatan yaitu Hendra Apriyansah, Selasa (19/9/2023).

 

 BACA JUGA:Nanang Ancam Pecat PAC Lamsel yang Bermanuver!

 

Kepala SMAN 1 Ketapang Dra. Emi Kristianti mengatakan, setiap sekolah harus siap melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

"Tahun ini siap tidak siap, harus siap untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila,"tegasnya saat membuka kegiatan dihalaman sekolah.

 

 

 

 

Menurutnya, kegiatan pertama kali yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Ketapang ini mengangkat tema: suara demokrasi "suara kita untuk demokrasi kita semua".

 

 

 

"Kami menghadirkan pemateri langsung dari KPU Kabupaten Lampung Selatan. Kebetulan SMA Negeri 1 Ketapang akan melaksanakan pesta demokrasi yakni pemilihan OSIS tahun 2023,"ujar Kepala SMA Negeri 1 Ketapang yang baru menjabat sekitar enam bulan itu.

 

 

 

Lebih lanjut Emi Kristianti mengatakan, pada kegiatan tersebut siswa akan memahami apa itu demokrasi secara langsung dari narasumber KPU. 

 

 BACA JUGA:Amankan Pilkakam Serentak Tahun 2023, Polres Tuba Kerahkan 424 Personel

 

"Harapan saya, dengan pelaksanaan pesta demokrasi tingkat sekolah yaitu pemilihan ketua OSIS tetap menjaga ketertiban selama pelaksanaan pemilihan OSIS di sekolah. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Itulah demokrasi. Anak anak akan belajar secara langsung apa itu demokrasi yang di aplikasikan dalam pemilihan OSIS SMA Negeri 1 Ketapang,"bebernya.

 

 

 

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Lampung Selatan Hendra Apriyansah yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu mengatakan, para pelajar sudah sejak dini di perkenalkan tentang demokrasi.

 

Demokrasi yang diaplikasikan tingkat sekolah yaitu pemilihan ketua OSIS. Dikatakan, hal tersebut beririsan dengan Pemilu yang sebentar lagi akan di laksanakan yaitu pada 14 Februari 2024.

Sumber: