Kota Metro Terus Lakukan Antispasi Dampak El Nino

Kota Metro Terus  Lakukan Antispasi Dampak El Nino

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro terus melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino dan akan dilakukan hingga akhir Desember 2023.--

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro terus melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino dan akan dilakukan hingga akhir Desember 2023.

 


Wali Kota Metro Wahdi mengatakan pemkot terus melakukan upaya antisipasi dampak fenomena El Nino di Kota Metro.

 

Meski tidak terdampak signifikan, lanjutnya, pemkot dengan melakukan berbagai upaya antisipasi. ’’Salah satu yang sudah kita bicarakan itu mengenai ketahanan pangan. Untuk di Metro ini, alhamdulillah belum ada laporan kekeringan. Lalu dari jumlah hasil pertanian kita sampai saat ini satu hektare masih bisa menghasilkan 5,6 ton. Tapi kita tetap lakukan antisipasi,” ujarnya.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pemilik Sabu 0,42 Gram di Kecamatan Metro Barat

 

 

Terpisah, Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Metro, Yeri Ehwan menerangkan, Pemkot Metro sudah bersiap untuk melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino di Kota Metro sampai akhir tahun mendatang.

 

“Dari informasi yang kita terima, memang puncaknya itu di Bulan September. Tapi kita antisipasinya sih sampai akhir tahun,” kata dia.

 

Ia mengakui, salah satu langkah antisipasinya di bidang pertanian, Pemkot Metro berupaya tanam petani dan panennya dipercepat.

 

“Misalkan untuk di pertanian, padi atau holtikultura dilakukan percepatan tanam bagi yang belum menanam, atau yang yang sudah masuk masa panen, ya panennya dipercepat,” ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, Pemkot Metro melalui DKP3 sudah berupaya mengantisipasi dampak El Nino ini dengan pemanfaatan bibit padi serta koordinasi dengan balai besar pengairan.

 

“Iya, Dinas Pertanian berupaya terus untuk antisipasi khususnya di bidang pertanian. Dinas pertanian menggunakan bibit padi yang tidak banyak membutuhkan air. Sudah kordinasi juga dengan balai besar untuk aliran irigasinya,” jelasnya.

 

Yeri mengakui, DKP3 Kota Metro juga intens menggelar rapat untuk mengantisipasi dampak terburuk daei fenomena El-Nino tersebut.

 

“Dari subsektor tanaman pangan, peternakan, perikanan maupun holtikultura ya semua sudah diantisipasi ya. Pemkot dan Pemprov pasti sudah ada langkah antisipasinya,” tukasnya.
Ia menambahkan, salah satu kinerja untuk antisipasi dampak El Nino ini di bidang perikanan, untuk mengurangi kepadatan tebar perkolam. Lalu, untuk di peternakan agar menyiapkan pakan ternak ini yang dapat disimpan. Kalaudi subsektor ketahanan pangan, kami tentu mendorong para petani untuk menyimpan hasil panennya itu,” pungkasnya.

 

Sumber: