Pembenahan PT. Wahana Raharja: Pemprov Lampung Dorong BUMD Sehat dan Berdaya Saing

Pembenahan PT. Wahana Raharja: Pemprov Lampung Dorong BUMD Sehat dan Berdaya Saing

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER -Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya memperbaiki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Wahana Raharja melalui pendampingan, monitoring, dan evaluasi kinerja perusahaan bersama Tim Pembina BUMD Provinsi Lampung.

PT Wahana Raharja adalah BUMD milik Provinsi Lampung yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan. Sejak tahun 2018 hingga sekarang, perusahaan ini belum memberikan dividen karena mengalami kerugian. Namun, secara bertahap, kerugian tersebut sudah mengalami penurunan yang signifikan.

Untuk menjadikan PT Wahana Raharja menjadi BUMD yang sehat, dibutuhkan waktu karena terdapat persoalan yang cukup rumit di PT. Wahana Raharja dan akumulasi dari permasalahan yang terjadi sebelumnya.

Saat ini, PT. Wahana Raharja sendiri telah melakukan langkah-langkah perbaikan, seperti membayar hutang perusahaan, merasionalisasi jumlah pegawai, mengoptimalkan biaya operasional, dan mencari bidang usaha baru yang dapat menghasilkan pendapatan.

Salah satu bidang usaha baru tersebut adalah pendirian Marketplace TapisMall.id yang akan berperan dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik untuk masyarakat umum maupun pemerintahan.

Selain itu, dilakukan pula revitalisasi bidang usaha yang sudah berjalan, seperti perdagangan beras, agar pendapatan usaha bisa optimal.

Ke depannya, diharapkan dengan pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan mempertimbangkan langkah-langkah yang sudah diambil oleh PT. Wahana Raharja, dapat berkontribusi terhadap pendapatan daerah dan perekonomian di Provinsi Lampung.

Sumber: