Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Pemprov Lampung Gelar Rakor Bahas Langkah Antisipasi dan Kesiapan Daerah

Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Pemprov Lampung Gelar Rakor Bahas Langkah Antisipasi dan Kesiapan Daerah

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Kusnardi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi dan Kesiapan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Instansi Terkait untuk memenuhi kebutuhan Bahan Pangan Pokok Masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. Rapat ini dilaksanakan di ruang rapat Staf Ahli pada hari Jumat (16/06/2023).

 

Dalam rapat tersebut, Kusnardi menyampaikan bahwa ada 2 hal yang perlu diperhatikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, yaitu ketersediaan komoditas dan pengendalian inflasi. "Biasanya, kebutuhan komoditas pada Hari Raya Idul Adha tidak sebesar pada Hari Raya Idul Fitri. Kenaikannya biasanya kurang dari 10%, jadi kita perlu meningkatkan ketersediaannya," ujar Kusnardi.

 

Diperkirakan pada Hari Raya Idul Adha 1444 H, konsumsi daging akan meningkat, tetapi hal ini tidak dianggap akan menyebabkan inflasi karena ada hewan kurban yang tersedia. Ketersediaan komoditas di Provinsi Lampung saat ini terbilang cukup, termasuk beras, minyak goreng kemasan, tepung terigu, telur ayam ras, daging ayam ras, gula, bawang putih, dan cabai.

 

Selain itu, ketersediaan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba di Provinsi Lampung juga mencukupi. Pemprov Lampung telah menyiapkan 1.116 orang tenaga medis untuk memeriksa kondisi hewan kurban yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Pemeriksaan hewan kurban direncanakan akan dilakukan mulai dari 7 hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1444 H, dan pemotongan hewan kurban akan dilakukan hingga 3 hari setelah Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Sumber: