Ketepatan Waktu Capai 100%, PT KAI Divre IV Tanjungkarang Angkut 68.085 Pelanggan Selama Nataru 2024/2025

Ketepatan Waktu Capai 100%, PT KAI Divre IV Tanjungkarang Angkut 68.085 Pelanggan Selama Nataru 2024/2025

--

BANDARLAMPUNG - Selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Divre IV Tanjungkarang mencatat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) keberangkatan kereta mencapai 100%, sedangkan OTP kedatangan mencapai 92%. Capaian ini menunjukkan komitmen KAI dalam memberikan layanan andal dan tepat waktu kepada pelanggan setia KA.

 

Plt. Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang, Mohamad Ramdany mengatakan, bahwa ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan transportasi kereta api. Kereta tidak dapat menunggu pelanggan yang terlambat tiba di stasiun. 

 

“Oleh karena itu Kami terus mengimbau kepada pelanggan agar dapat merencanakan perjalanan dengan matang, termasuk memperhitungkan waktu tempuh ke stasiun dan proses antrean saat boarding,” lanjut Ramdany.

 

Selama periode Nataru, Ramdany mengatakan, Divre IV Tajungkarang mencatat rata-rata dalam sehari, 8 hingga 12 penumpang tertinggal keberangkatan kereta api, dikarenakan para penumpang ini terlambat untuk datang ke Stasiun. Sebagai informasi, pelanggan yang terlambat dan batal berangkat karena tertinggal kereta tidak akan mendapatkan bea pengembalian tiket. Untuk mempermudah proses boarding, pelanggan dapat melakukan boarding langsung menggunakan aplikasi Access by KAI tanpa perlu mencetak tiket.

 

Sementara itu, selama masa Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 ini, KAI Divre IV Tanjungkarang melayani 68.085 pelanggan KA, naik 20% jika dibandingkan dengan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tahun lalu Divre IV Tanjungkarang melayani 56.681 pelanggan KA pada periode 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024.

 

"Puncak volume pelanggan pada masa Angkutan Nataru terjadi pada tanggal 1 Januari 2025 dengan jumlah yang berangkat sebanyak 4.121 pelanggan. Seluruh pelanggan tersebut dipastikan sudah terlayani dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar Ramdany.

 

Ramdany mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Mahasiswa ITERA, Komunitas Baradipat dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung kelancaran angkutan Nataru ini. Divre IV Tanjungkarang juga berterima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Nataru ini.

 

“Kami mengapresiasi antusiasme pelanggan dan akan terus memastikan perjalanan kereta api tetap aman, nyaman, dan tepat waktu. Keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa Nataru 2024/25 ini akan Kami jadikan momentum untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2025, khususnya menjelang Angkutan Lebaran tahun 2025 yang tidak lama lagi akan kita laksanakan,” tutup Ramdany. (rls) 

Sumber: