Terkendala Aturan, Harapan SDN 18 Way Ratai Dibangun Pupus

Terkendala Aturan, Harapan SDN 18 Way Ratai Dibangun Pupus

--

PESAWARAN.LAMPUNGNEWSPAPER-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran mengaku kerap mengajukan usulan pembangunan SDN 18 Way Ratai. Namun, karena terkendala aturan dan status lahan sekolah yang berada di wilayah Register 21,sehingga tidak dapat direhab
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anca Martha Utama melalui Kasi GTK Taufan Mohfian mengaku pihaknya telah mencoba untuk merelokasi siswa disana, namun menurutnya jika dipindahkan atau merekokasi siswa ke sekolah yang paling dekat dari lokasi tersebut dirasa cukup sukit, mengingat jarak tempuh keseolah terdekat sekitar 4 kilometer. 
 
 
Ditambah lagi akses jalan dan sarana pendukung lainnya cukup sulit untuk dilalui oleh anak-anak. Apalagi, menurtunya disekitar lokasi tersebut terdapat sekitar 100 kepala keluarga yang harus diakomodir pendidikan anak-anaknya dan hal itu merupakan tanggung jawab pemerintah daerah pesawaran.
 
“Jadi tidak mungkin kalau kita tutup sekolah itu begitu saja,” ungkap Taufan mendampingi Kabid Dikdas Widiantoro 
 
Oleh sebab itu, menurutnya Dinas Pendidikan bukannya tidak ingin membagun sekolah tersebut, namun hal tersebut terkendala aturan karena sekolah itu berada di wilayah register. 
 
“Tapi nanti akan kita lihat lagi terkait aturan dan celah-celah yang dapat dilakukan untuk membangun sekolah,”ujarnya
 
Namun pihaknya mengaku jika memang ada lokasi tanah diluar register atau pemerintah pusat memberikan kebebasan untuk membangun disekolah itu atau ada tanah yang dekat dengan lokasi tersebut maka, Dinas Pendidikan siap untuk membangunnya.
 
 
Sebelumnya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona pantas menegur keras kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat yang terkesan tutup mata melihat kondisi SDN 18 Way Ratai yang beberapa tahun kedepan mungkin hanya tinggal kenangan. Wajar jika Bupati memberikan teguran, terkesan tidak ada upaya dan langkah langkah konkret dari jajarannya untuk memperjuangan sekolah tersebut. Pasalnya, sekitar akhir 2019 Bupati Dendi Ramadhona didampingi jajaran meninjau langsung sekolah tersebut dan memberikan bantuan 
 
Saipul warga setempat yang juga alumni SDN 18 Way Ratai sangat berharap sentuhan tangan pemerintah untuk segera memperbaiki satu satunya akses sekolah yang terdekat bagi anak anak di Dusun Tanjung Jaya Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai 
 
 “ Maunya kalau bisa dikasih fasilitas walaupun gak mewah, iya layaknya. Kalau sekolah ini sudah ada sejak saya kecil. Bahkan anak anak saya juga sekolah disana,”ungkap Saipul (ozi)

Sumber: