Lapor Pak! Ada Sampah Membeludak di Saluran Irigasi di Kota Metro

Lapor Pak! Ada Sampah Membeludak di Saluran Irigasi di Kota Metro

Pemandangan tak elok berupa tumpukan sampah menghiasi jaringan irigasi tersier yang melintang di ruas Jalan Diponegoro, Kampung Sawah, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemandangan tak elok berupa tumpukan sampah menghiasi jaringan irigasi tersier yang melintang di ruas Jalan Diponegoro, Kampung Sawah, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Sejumlah besar limbah rumah tangga seringkali menumpuk di lokasi tersebut.

Masyarakat di lingkungan RT36/RW09, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, tepatnya mereka yang bermukim di sekitar jaringan irigasi tersier, di salah satu sisi Jalan Diponegoro itu merasa kesal, lantaran tumpukan sampah itu menimbulkan bau tak sedap yang menjangkau rumah warga.

Berdasarkan pantauan Lampung Newspaper, terlihat sampah yang menumpuk di permukaan saluran air itu memanjang hingga 10 meter, bahkan membeludak hingga ke tepian jalan permukiman. Penumpukan sampah itu disebut warga setempat sering terjadi dan menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Sampah-sampah itu memang sering numpuk di situ. Saya yang rumahnya di pinggir tersier itu lah, yang kebagian bau busuknya. Apalagi kalau saluran air itu kering, walah busuknya sampai ke dapur rumah,” celetuk Vita, warga sekitar lokasi, Minggu, 14/4/2024.

BACA JUGA:Seharian Menghilang ST (32) Ditemukan Tak Bernyawa Gantung Diri

“Mau lapor ke mana lagi kan? Tetap saja, besok-besok ya numpuk begitu lagi. Percuma juga lapor, solusinya enggak ada. Sampahnya bersih kalau sudah diangkut petugas, tapi tiga atau empat kemudian ya numpuk lagi,” timpalnya kesal.

Warga lainnya, Putra, menduga penumpukan sampah di tempat itu disebabkan perilaku buruk oknum-oknum masyarakat yang sering membuang sampah ke saluran air. 

“Pasti sampah itu kan ada sumbernya, ada yang buang sembarangan ke situ. Apalagi, di atas sana itu ada wahana hiburan wisata yang juga mungkin aja buang sampah sembarangan di setier. Sering banget di sini ini sampah numpuk, malah ini sampai ke jalanan pula,” keluhnya.

Dia berharap, pemerintah melakukan pengawasan ketat, agar tidak terjadi pencemaran lingkungan yang lebih meluas.

“Kalau bisa, dipasang aja CCTV di sekitar setier ini, biar ketahuan siapa yang buang sampah sembarangan. Habisnya, apa dong solusinya? Apa lagi yang ditunggu? Apa mau nunggu sampai sumur-sumur warga sini tercemar gara-gara sampah?,” tukasnya.

Dari data yang berhasil dihimpun Lampung Newspaper pada awal 2022 lalu, diketahui Kota Metro dengan kepadatan penduduk yang berjumlah sekitar 160.000 jiwa, diperkirakan memproduksi sampah hingga 102,71 ton per hari.

Jumlah tersebut diperkirakan meningkat akhir-akhir ini, mengingat produksi sampah rumah tangga yang meningkat, seiring antusiasme masyarakat yang menyambut peringatan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

BACA JUGA:Tumpukan sampah Menimbulkan Bau Tak Sedap

Perilaku buruk sejumlah oknum masyarakat yang tidak peduli kebersihan lingkungan dan suka seenaknya membuang sampah di sembarang tempat, akhirnya menjadi perihal krusial yang harus dihadapi dan segera ditangani oleh Pemerintah Kota Metro.

Sumber: