Pemkot Bandar Lampung Siap Sukseskan dan Kawal Pemilu 2024

Pemkot Bandar Lampung Siap Sukseskan dan Kawal Pemilu 2024

apel satgas pemilu serentak --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung bersama satuan petugas (satgas) siap mengawal dan mensukseskan Pemilu 2024. Diawali dengan apel bersama di Lapangan Korem 043 Gatam, Enggal, Selasa (6/2/2024).

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, apel satgas pemilu serentak dimaksudkan untuk mengecek kesiap-siagaan dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 di Kota Tapis Berseri. 

"Kita ketahui, bahwa berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, pemilu merupakan  wujud keikutsertaan  seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara," kata dia. 

Bunda Eva juga menyebut, pemilu sebagai wadah demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimasi dan berkedaulatan rakyat. 

"Sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil pemilu, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan kepentingan rakyat," ungkapnya. 

BACA JUGA:11.684 Tiket KAI Habis Terjual Saat Libur Isra Miraj dan Cuti Bersama Imlek

Ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk mengawal, menjaga dan mengamankan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. 

"Agar pesta demokrasi pemilu 2024 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. dengan demikian, diharapkan pelaksanaan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju indonesia yang makmur dan sejahtera," paparnya. 

Bunda Eva memberi 8 arahan dan strategi dalam mengawal kesuksesan pemilu 2024. Yang pertama, adalah menetapkan setiap kerawanan pada setiap tahapan pemilu 2024 dan lakukan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di dalam masyarakat. 

"Sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemilu 2024 dapat diantisipasi sedini mungkin, dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas," katanya. 

Lalu yang kedua, memperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu dan segenap komponen masyarakat. Hal itu guna mewujudkan sinergi yang proaktif dalam rangka pengamanan pemilu 2024. 

"Ketiga bagi segenap ASN di lingkungan Pemkot Bandar Lampung agar tetap menjaga komitmen dan netralitas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilu 2024," ungkapnya. 

Lalu strategi keempat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman intoleransi, radikalisme serta kegiatan yang bersifat sara dengan memanfaatkan momen pemilu serentak tahun 2024. 

BACA JUGA:Polsek Kotabumi Kota Polres Lampung Utara Ringkus Pelaku Curas

Sumber: