Reses di Yosomulyo, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Serap Aspirasi Masyarakat

Reses di Yosomulyo, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Serap Aspirasi Masyarakat

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Ancilla Hernani menyerap aspirasi --M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Ancilla Hernani menyerap aspirasi masyarakat yang hadir dalam reses di Pendopo Petani kota setempat, Senin, 5/2/2024 petang.

Dari pantauan Lampung Newspaper di lokasi, nampak animo masyarakat begitu antusias menyampaikan aspirasi dalam reses tersebut. Sejumlah keluhan dan pertanyaan terlontar, didominasi masalah seputar infrastruktur, banjir, lampu penerangan jalan dan pendistribusian bantuan sosial yang tidak tepat sasaran.

Menanggapi hal itu, Ancilla Hernani memastikan segala aspirasi masyarakat akan ditampung, untuk kemudian disampaikan ke dinas teknis dan stakeholder terkait, guna menemukan titik terang.

“Kita perlu sinergi dengan dinas terkait, tapi tidak hanya harus mengandalkan dinas terkait, dalam arti, masyarakat juga harus ikut berpartisipasi. Pada intinya, kita akan berupaya untuk membantu fasilitasi, menjembatani agar sarana dan prasarana yang menjadi atensi masyarakat dapat terakomodir dan dapat direalisasikan dengan baik oleh Pemerintah Kota Metro,” kata Ancilla.

BACA JUGA:Pemkot Metro Dorong Percepatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Kendati demikian, Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menyampaikan wawasan lebih mendalam tentang pemerintahan, untuk mengedukasi masyarakat.

Menurut dia, peranan wakil rakyat dalam reses, bukan hanya tentang menyerap keluhan saja, melainkan ada peran untuk mengedukasi masyarakat.

“Secara regulasinya, pemerintah punya kewenangan untuk memanggil pihak-pihak tersebut. Tapi, artinya butuh juga peran serta masyarakat, dalam hal pengawasan misalnya. Selain pengawasan, masyarakat juga perlu diedukasi, untuk penanggulangan sampah di sekitar lingkungan permukiman misalnya,” ucapnya.

“Saya kira, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ini perlu ditingkatkan. 

Masyarakat perlu proaktif dalam hal penanggulangan sampah, kalau perlu distop atau dilaporkan, oknum yang sering membuang sampah di sembarang tempat, terutama di jaringan-jaringan irigasi dan drainase,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Newspaper, diketahui Komisi II DPRD Kota Metro membidangi masalah seputar ekonomi pembangunan, yang meliputi perencanaan pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan, pekerjaan umum dan penataan ruang,  perumahan pemukiman dan pertanahan, lingkungan hidup dan kebersihan, perhubungan, kelautan dan perikanan, pertanian, perkebunan dan peternakan, ketahanan pangan, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana daerah, komunikasi informatika, persandian dan statistik, bagian penyusunan program dan bagian layanan pengadaan. 

“Sekali lagi, saya sampaikan bahwa setiap permasalahan yang ada di masyarakat itu butuh sinergi antara pemerintah stakeholder dan masyarakat,” paparnya.

“Saya bolehkan, saya beri saran masyarakat untuk saling berkoordinasi menyampaikan hal-hal yang menjadi keluhan secara langsung ke dinas teknis terkait, melalui pamong setempat. Menyampaikan aspirasi di dalam reses seperti ini juga boleh, bersurat juga boleh,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: