Transformasi Wajah Kota Metro Tahun ke Tiga Wahdi Memimpin

Transformasi Wajah Kota Metro Tahun ke Tiga Wahdi Memimpin

wajah Kota Metro bertransformasi menjadi lebih baik di berbagai sektor.--M.Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Tahun ke tiga Wahdi Siradjuddin menjabat sebagai kepala daerah, berbagai upaya pembangunan yang telah dilakukannya membuat wajah Kota Metro bertransformasi menjadi lebih baik di berbagai sektor.

Meski banyak mendulang prestasi, inovasi dan langkah-langkah upaya pembangunan dari berbagai sektor yang dilakukan tidak membuat berpuas diri.

Wahdi menekankan, agar jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tetap semangat, evaluatif dan bekerja dengan baik, guna menyokong pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita melihat seberapa jauh kebutuhan pembangunan. Mulai dari aspek sosial budaya, ekonomi dan infrastruktur sarana prasarana. Kalau kita lihat, PR-nya masih banyak sekali. Yang saya tekanan di sini, supaya kita semangat bekerja saja,” kata Wahdi, Selasa, 14/11/2023.

Pasca menerima penghargaan atas serapan APBD tercepat di Indonesia pada awal Oktober 2023 lalu, yakni sebesar 80 persen, Pemkot Metro melakukan evaluasi program pembangunan.

BACA JUGA:Dinsos Bandar Lampung Dampingi 80 Anak Berhadapan Hukum

“Alhamdulillah, Kota Metro mendapatkan penghargaan karena serapan pembangunan tertinggi dan tercepat. Itu dari 514 kabupeten/kota se-Indonesia,” tukasnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Lampung Newspaper mencatat sejumlah prestasi dan capaian Kota Metro dalam kurun tiga tahun kepemimpinan Wahdi sebagai Wali Kota Metro.

Seperti Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023 yang menjadikannya sebagai salah satu pemimpin daerah yang dianggap berprestasi memajukan desa dan kelurahan di Bumi Sai Wawai.

Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023 pada katagori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di Hotel Padma Semarang, Jawa tengah pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Di bidang infrastruktur tahun ke tiga Wahdi Siradjuddin menjabat sebagai Wali Kota Metro, pembangunan infrastruktur di Bumi Sai Wawai sempat tertunda dikarenakan dampak pandemi covid-19.

Kendati demikian, Pemkot Metro telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp90 miliar guna menyelesaikan perbaikan seluruh infrastruktur di tahun 2023.

BACA JUGA:Realisasi Pajak Reklame di Bandar Lampung Sudah 91%


Sampai saat ini, pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur gencar dilakukan dengan menyasar jalan raya, menyisir jalan permukiman warga, jaringan drainase, irigasi, trotoar, gedung perkantoran dan lainnya.

Kemudian, bidang pendidikan, kala itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memuji sistem pembelajaran yang diterapkan di tingkat SMA dan SMK di Kota Metro. Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke SMK Negeri 3 Kota Metro, Jumat, 27 Oktober 2023.

Bidang kesehatan, diraihnya akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani dan Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes RI untuk Kota Metro menjadi catatan penting prestasi Pemkot Metro di bawah kepemimpinan Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di bidang kesehatan.

Pasalnya, akreditasi paripurna merupakan satu tingkatan bagi rumah sakit di Indonesia yang bisa dicapai, apabila aspek pelayanannya dianggap telah memenuhi syarat.

Sedangkan dengan diraihnya sertifikat bebas penyakit frambusia, artinya ada suatu hasil dari upaya dan kerja keras pemerintah bersama stakeholder terkait, dalam upaya pencegahan dari penyakit tersebut.

BACA JUGA:Peratin dan Pemangku di Pekon Bahway Balikbukit Saling Tikam


Bidang Perdagangan dan Ekonomi, Pemkot Metro berupaya melakukan tindakan-tindakan mengurangi inflasi melalui gelaran operasi pasar bersubsidi.

Hal itu membuatnya berhasil meraih penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI), untuk nominasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera 2023.

Selain bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan perdagangan, audit keuangan Kota Metro juga terbilang baik. Hal itu related dengan diraihnya Capaian opini WTP 10 kali berturut-turut untuk laporan keuangan pemerintah daerah pada tahun 2012-2021 yang diterima pada 2022 lalu. Sedangkan bidang lainnya, terus berupaya diga
li dan dikembangkan agar lebih baik lagi.  (MRC)

Sumber: