9 Nama Iblis dan Tugasnya, Awas Jangan Sampai Memberi Nama-nama anak kita serupa

9 Nama Iblis dan Tugasnya, Awas Jangan Sampai Memberi Nama-nama anak kita serupa

ilustrasi --pixabay.com

LAMPUNGNEWSPAPER-Dalam Surah Al-Hijr Ayat 39-40 dijelaskan Iblis membantah perintah  SWT dan enggan sujud kepada manusia, sehingga Iblis dikutuk Allah SWT. Kemudian Iblis memohon kepada Allah agar diberi penangguhan sampai hari manusia dibangkitkan agar Iblis bisa menyesatkan anak cucu Adam. Iblis juga berjanji akan menyesatkan manusia

Iblis memang telah berjanji akan mengajak umat manusia sebanyak-banyaknya  agar kita tersesat, pelbagai cara dilakukan mulai kita dari bangun tidur Iblis sudah menggoda kita untuk bermalas-malasan untuk sholat subuh.
 
Nah sebaiknya paling tidak kita mengetahui, nama-nama tersebut, karena jangan sampai karena ketidaktahun kita dengan nama-nama musuh kita sebagai umat Islam kita memberikan nama-nama anak-anak kita dengan nama tersebut.

Sebagai pengetahuan, dalam kitab Maraqil Ubudiyyah Syarah Bidayatul Hidayah diterangkan seorang ulama mengatakan bahwa iblis mempunyai 9 anak. Masing-masing mereka mempunyai nama dan tugas:

Nah, untuk itu agar kita menyadari bahwa apapun yang terjadi pada diri kita, selalu ada setan yang akan mengoda kita, setidaknyya kita mengetahui jenis dan tugas-tugas setan setiap masing-masing dari namanya.

BACA JUGA:Pesantren Pilihan Terbaik Untuk Pendidikan Agama, Apa Beda Pesantren Modern dan Salaf

1. Khinzib ( Khanzab)
Bertugas menimbulkan ragu-ragu dalam aktifitas kita dalam menjjalankan sholat, seperti kita dingatkan pada suatu kegiiatan masa lalu dan yang akan kita kerjakan sehingga kita lupa berapa rokat sholat yang telah kita tunaikan. Atau pun mencoba mengacaukan bacaan sholat kita sehingga kita tidak khusus lagi dalam sholat.

2.Zalanbur
Setan ini dia berada di pasar tugasnya agar manusia melakukan kecurangan dalam melakukan jual beli seperi mengurangi timbangan melakukan kebohongan dan bersumpah palsu

3.A’war
Setan zina  dia bertugas mengoda manusia agar terjerumus kedalam perbuatan maksiat zinah mendorong manusia melaukan hubungan badan yang bukan istriya,

4.Asnan
Ia adalah setan tidur  mengajak orang bermalas-malasan untuk sholat, dia memberatkan kepala dan kelopak mata hingga tidak bangun untuk mengerjakan shalat dan sebagainya, sedangkan ia membangunkan orang untuk melakukan perbuatan buruk seperti zina dan sebagainya.


5. Walhan.
Setan ini ditugaskan untuk mengoda manusia dikala kita sedang bersuci atau mengambil wudhu

BACA JUGA:Sayyidina Ali Ceritakan Ketabahan Fatimah Putri Rasulullah SAW


6.Tabri
Yaitu setan musibah, Bertugas dating Ketika manusia berputus asa  agar manusia selalu mengeluh dengan ujian yang diberikan oleh Allah sehingga yang digoda menyalahkan Allah.


7.Dasim
Adalah setan yang kerjanya mendampingi manusia yang lagi makan agar lupa berrdoa atas nama Allah dan juga ad yang menyebutkan bahwa tugas syaitan ini membuat permuusuhan dalam rumah tangga. Seperti suami istri tidak rukun anak-anak selau ribut dan sebagainya


8.Mathun
Dia adalah setan yang bertugas untuk mengoda manusia agar berrkata dusta membuat berita hoax mengadu domba sesama manusia. Ia mengarahkan pandangan mata manusia kearah yang akan membuat manusia melihat sesuatu keindahan semu, tubuh lawan jenis maupun sejenis, hingga mudah bagi mathun untuk mendorong manusia berkata kata yang kotor, dan menciptakan kekejian dan maksiat melalui lisan.


9.Al-Abyadh.
Bertugas menggoda para nabi dan wali. Adapun para nabi, maka mereka selamat darinya. Sedangkan para wali, maka mereka memeranginya. Dan siapa yang disesatkan Allah, ia pun tersesat.
Semoga kita bisa terhindar dari godaan-godan setan tersebut dalam kehidupan kita, dan selalu mengingat Allah dimanapun kita berada, wallahu a'lam bishawab

Sumber: