Kontroversi KPU Tulangbawang, Warganet Sebut Ketua KPU LSM

Kontroversi KPU Tulangbawang, Warganet Sebut Ketua KPU LSM

--tangkapan layar tiktoklampungviral

TULANGBAWANG,LAMPUNGNEWSPAPER - Warganet bingung dengan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang, Lampung, setelah beredarnya video rekaman suara salah satu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gedung Meneng Sumardi, di akun TikTok Lampungviralyay, Selasa (10/10/2023).

Menuai bermacam komentar tidak sedap kepada kinerja KPU Kabupaten Tulangbawang, yang dianggap keluar dari tugas fungsi institusi terkait, yang sudah mengkritisi PT. Sugar Group Companies (SGC).

Dalam isi rekaman video TikTok tersebut PPK Gedung Meneng Sumardi mengatakan, mendapat instruksi dari ketua KPU Tulangbawang Reka Punata, agar seluruh anggota PPS di kecamatan tersebut mengambil gambar dan video Debu pembakaran SGC.

"Salam sehat untuk kita semua, yang saya hormati soudara korwil PPK Gunung Tapa dan rekan PPS zona Gunung Tapa, perlu saya sampaikan bahwa pada pagi hari ini saya di telpon oleh ketua KPU Kabupaten Tulangbawang Reka Punata, yang pertama mohon bantuannya terkait debu depan rumah warga. Apabila ada debu hasil pembakaran tebu mohon di videokan dan dibuat video sekaligus wawancara yang intinya keluh kesah masyarakat selama ini hasil dari pada pembakaran tebu," urainya dalam video Tiktok tersebut.

BACA JUGA:Protes di Media Sosial : Ketua PPK Gedung Meneng Coreng Citra KPU di Tiktok


Lebih lanjut ia mengatakan, "Pertama polusi udara yang kedua meresahkan masyarakat yang selama ini hasil pembakaran tebu tersebut sampai masuk dalam rumah dan ketiga tidak ada kontribusi dan partisipasi bantuan sosial (Baksos) selama puluhan tahun terkahir ini," tuturnya.

Dalam video Tiktok itu, ketua PPK Gedung Meneng menekankan seluruh anggota PPS untuk mengambil gambar dan video hasil pembakaran yang dilakukan oleh SGC karena ia akan mengirimkan hasil tersebut kepada ketua KPU.

"Itu mohon dibuatkan dalam bentuk video tolong kerjasamanya karena pagi ini saya ditelepon oleh ketua KPU untuk mengirimkan foto tersebut selain itu juga ada soudara kita yang kerja di perusahaan tolong kalau bisa upayakan ada foto pada saat pembakaran tebu tersebut," pintanya kepada seluruh anggota dalam rekaman suara itu.

BACA JUGA:Job Fair di Gor Wayhandak,Ribuan Lowongan Pekerjaan Memanggilmu

Intruksi itu, dilayangkan karena menurut Ketua PPK Gedung Meneng ketua KPU tersinggung terhadap SGC karena tidak mampu memenuhi keinginan ketua KPU dalam kegiatan mereka.

Hingga, menuai bermacam cibiran dari warganet diantaranya, "Baru tau tugas PPK KPU jg menangani masalah pencemaran lingkungan.????????????," tulis akun jongosbelog. "Wah tugas kpu sdh bertambah nih," komen warganet lainnya.

Bahkan ada yang menyebutkan ketua KPU Tulangbawang Reka Punata seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"LSM jga ya ketua KPU itu," kata akun subrata. (fay/mad)

Sumber: