Jangan Lengah! Tiga Desa di Palas Rentan Kekeringan

Jangan Lengah! Tiga Desa di Palas Rentan Kekeringan

--

PALAS, LAMPUNGNEWSPAPER - Menurunnya intensitas hujan selama dua pekan belakangan mengancam ribuan tanaman padi di wilayah Palas dilanda kekeringan.

 

BACA JUGA:Polsek Sukoharjo Tangkap Dua Pelaku Curanmor

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas menyebutkan sejumlah desa  telah memasuki fase krisis pasokan air dan terancam kekeringan.

 

Kepala UPT Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjono mengatakan, kemarau yang telah berlangsung selama dua pekan terakhir mulai berdampak kekeringan di sektor pertanian. 

 

"Dampak kemarau selama dua pekan ini mulai berimbas pasa musim tanam gadu. Minimnya curah hujan membuat pasokan air pada saluran irigasi mulai kritis," kata Yusak kepada Radar Lamsel, Selasa (15/8) kemarin.

 

Yusak juga mengaku, saat ini sejumlah desa juga telah masuk di fase rentan kekeringan. Hal ini terjadi lantaran pasokan air di saluran irigasi telah kritis. Beberapa desa tersebut antara lain, Desa Bali Agung, Tanjung Jaya, dan Rejomulyo.

 

"Kalau dua pekan kedepan tidak ada hujan maka dipastikan sudah ada lahan yang kekeringan, karena cadangan air di saluran irigasi memang sudah sangat kritis," sambungnya.

 

Sumber: