Mahasiswa Unila akan Bentuk Desa Pancasila di Desa Kedaton Lamsel

Mahasiswa Unila akan Bentuk Desa Pancasila di Desa Kedaton Lamsel

Mahasiswa Unila melakukan pertemuan dengan Pemkab Lamsel di Desa Kedaton, mereka akan membantu Pemkab Lamsel mewujudkan gagasan Desa Pancasila di kabupaten ini.--

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang akan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat Unila yang bertujuan untuk membentuk Desa Pancasila di Kabupaten Lampung Selatan itu, berlangsung di Kantor Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Jumat (11/8/2023).

 

Adapun kegiatan pengabdian kepada masyarakat  tersebut merupakan bagian dari  bentuk kepedulian Civitas Akademika Unila dalam rangka menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

 

BACA JUGA:Tarahan, Wisatanya Bersinar Walau Dikepung Perindustrian

 

Ketua Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unila, Yusdhiyanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan gagasan dari Bupati Lampung Selatan agar seluruh desa di Lampung Selatan dapat menanamkan dan menjalankan nilai-nilai Pancasila.

“Ini gagasan dari pak bupati. Dengan salah satu cara kita adalah selalu terus menyuarakan dan mengingatkan, baik kepada generasi tua, generasi muda sampai kepada seluruh kalangan masyarakat,” ujar Yusdhiyanto.

Menurut Yusdhiyanto, dengan menjalankan prinsip dan nilai-nilai Pancasila, diharapkan masyarakat tidak dapat terpecah belah. 

“Maka ini pentingnya kita harus sama-sama bersinergi untuk dapat mengedepankan nilai-nilai Pancasila dalam hal pergaulan kita sehari-hari baik di pemerintah maupun di masyarakat,” kata Yusdhiyanto.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, di Kabupaten Lampung Selatan sendiri, program Desa Pancasila sudah dimulai sejak April 2022 lalu.

Dimana, awal pembentukannya berada di Desa Trans Tanjungan, Kecamatan Katibung. 

Sumber: