Tarahan, Wisatanya Bersinar Walau Dikepung Perindustrian

Tarahan, Wisatanya Bersinar Walau Dikepung Perindustrian

potensi wisata tarahan--Ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan terus memaksimalkan potensi desa yang ada di Bumi Khagom Mufakat.

Kali ini, giliran Desa Tarahan, Kecamatan Katibung yang diproyeksikan masuk ke dalam 25 desa wisata potensial.

 

Sebab, selain memiliki berbagai destinasi wisata pantai Desa Tarahan juga telah gencar mempromosikan kain Tapis Lampung yang menjadi produk  UMKM warganya.

 

BACA JUGA:Bupati Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni

 

Penegasan ini disampaikan Kepala DPMD Lamsel, Erdiyansyah , SH, MM via pesan WhatsApp, Jum'at (11/8/2023).

 

Menurutnya, berbagai potensi yang ada di Desa Tarahan bisa terus dimaksimalkan. Hal itu semakin didukung karena desa tersebut letak wilayahnya strategis. Karena, lokasinya yang sangat dekat dengan ibu kota provinsi dengan jarak tempuh hanya sekitar 15 menit dari Kota Bandarlampung.

 

“Seperti kita ketahui, Desa Tarahan terdapat banyak destinasi wisata. Mulai dari Pantai Sebalang, Pantai Selaki, Hutan Mangrove dan lainya. Selain itu, ada kerajinan tapis dan kuliner seafood nya di desa itu,” kata Erdi.

 

 BACA JUGA:Jelang Tahun Politik, Sekda Minta PNS Jaga Kondusifitas

 

Yang semakin menguatkan Desa Tarahan masuk dalam target tersebut, imbuhnya, Desa Tarahan juga sudah menerapkan pelayanan pemerintahan berbasis digital atau smart village.

 

"Hal ini semakin di topang karena banyak perusahaan industri disana. Harapan kita mereka dapat bersinergi dan saling mendukung,” imbuhnya.

 

Terlebih, lanjutnya, saat ini pihak desa telah mempromosikan penjualan produk UMKM berupa tapis melalui pemasaran digital. Bahkan, disana telah memiliki studio marketing by online. Hal itu diyakini dapat memperluas pasar, karena tidak hanya menjangkau market lokal.

 

"Saat ini Balai Desa Tarahan juga telah berfungsi sebagai galeri tapis dan produk UMKM. Sehingga dapat digelar workshop tapis dan dapat melihat langsung proses pembuatan, bahkan pengunjung dapat coba membuatnya.

 

Kami informasikan juga bahwa, Desa Tarahan saat ini sedang mengikuti lomba UMKM tingkat nasional,” terangnya.

 

Masih kata Erdi, dengan berbagai keunggulan yang ada, maka Desa Tarahan masuk dalam proyeksi 25 desa wisata potensial di Lampung Selatan.

 

“Selanjutnya, kami akan terus memberikan pendampingan, motivasi dan akses ke permodalan melalui BUMDes ke jasa keuangan,” pungkasnya. (idh)

 

Sumber: