Mahasiswa Unila akan Bentuk Desa Pancasila di Desa Kedaton Lamsel

Mahasiswa Unila akan Bentuk Desa Pancasila di Desa Kedaton Lamsel

Mahasiswa Unila melakukan pertemuan dengan Pemkab Lamsel di Desa Kedaton, mereka akan membantu Pemkab Lamsel mewujudkan gagasan Desa Pancasila di kabupaten ini.--

“(Desa Pancasila) ada di Kecamatan Katibung. Itu merupakan pilot project bagi desa lainnya di yang akan membentuk Desa Pancasila di Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Nanang.

Nanang juga mengatakan, pembentukan Desa Pancasila itu diharapkan agar masyarakat dapat memahami makna yang terkandung dalam lima Pancasila itu, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus paham apa isi dari lima Pancasila. Karena isi Pancasila itu yang kita terapkan, bukan perbedaan-perbedaan yang di kedepankan. Tapi bagaimana kita dapat mencapai nilai-nilai dari Pancasila itu untuk mencapai sila kelima, maka daei itu dibutuhkan suatu kekuatan,” ujarnya.

Nanang melanjutkan, dengan adanya kegiatan tersebut, kiranya dapat menjadi contoh dalam implementasi wawasan kebangsaan dari empat pilar, antara lain Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

 “Dengan empat pilar ini diharapkan nantinya dapat dijadikan pilot project dalam rangka pengamalan sila-sila dari Pancasila. Sekaligus untuk merajut kebhinekaan mulai dari tingkat bawah,” kata Nanang. (red)

 

Sumber: