1.000 Polisi Bergerak Amankan Pilkades Serentak

1.000 Polisi Bergerak Amankan Pilkades Serentak

Polres Lampung Selatan, menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II 2023.--Rifki

LAMSEL,LAMPUNGNEWSPAPER- Polres Lampung Selatan, menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II 2023.

Bahkan, Polres Lampung Selatan bakal menerjunkan 1000 personel ke 42 desa yang melaksanakan Pilkades di Lampung Selatan. Pilkades serentak itu digelar pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Itu, dikatakan Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, S.I.K., M.Med.Kom pada saat kunjungan kerja ke Mapolsek Tanjung Bintang belum lama ini.

 

BACA JUGA:Bupati Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni

 

"Kita sudah melakukan pemetaan-pemetaan sesuai kategori desa rawan, kurang dan sangat rawan. Kita akan mengerahkan kurang lebih 1000 personil untuk menjaga dan  mengamankan pelalsanaan Pilkades," Ucapnya kepada Radar Lamsel di Mapolsek Tanjungbintang.

Bukan hanya tugas Polri saja, pengamanan Pilkades serentak ini juga tentunya akan melibatkan instansi lain, seperti TNI, Linmas dan Satpol PP serta membutuhkan peranan masyarakat.

"Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana Kabtibmas, supaya Pilkades bisa berjalan dengan aman, nyaman, sejuk dan damai. Harus siap menang dan siap kalah," Tuturnya.

Masih kata Kapolres dirinya juga menegaskan, kepada para Calon Kades dan Tim Sukses untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu konflik ditengah masyarakat.

 

BACA JUGA:Timses Cakades Diminta Jaga Kamtibmas

 

"Manakala ada dalam pelaksanaannya ada yang tidak pas, ada indikasi-indikasi atau politik uang, apapun itu bentuknya silahka laporkan ke Panitia. Laksanakan sesuai dengan jalurnya, bukan dengan aksi yang dapat memicu persoalan yang lebih besar. Ada tatacaranya, ada mekanismenya. Kami siap menerima apa yang menjadi temuan-temuan dilapangan," Ujarnya.

Dia mewanti-wanti anggotanya untuk mencari solusi supaya bisa menghindari perpercahbelahan menjelang Pilkades. Belum lagi tahun depan pelaksanaan pemilu.

 

"Jangan melakukan hal-hal yang memancing keributan. Mari bersama-sama kita jaga situasi Kambtibmas di wilayah masing-masing agar suasana aman, damai dan kondusif," katanya.

Disamping itu, Kapolsek Tanjung Bintang, Kompol Martono, S.H., M.H menambahkan, tahapan-tahapan Pilkades di wilayah hukum Mapolsek Tanjung Bintang sejauh ini masih tetap kondusif.

"Pelaksanaan Pilkades di wilayah hukum Polsek Tanjung Bintang ada enam desa, di Kecamatan Tanjung Bintang ada Desa Serdang, Desa Serikaton, Desa Way Galih, Desa Trimulyo, sementara di Kecamatan Tanjung Sari Desa Wawasan dan Bangunsari," Imbuhnya.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, S.I.K., M.Med.Kom itu dihadiri oleh Kapolsek Tanjungbintang, Kompol Martono, S.H., M.H, Danramil Tanjungbintang, Kapten Inf Tarekat, Camat Tanjungbintang, Hendry Hatta, S.Ag serta Camat Tanjungsari, M. Dicky Cherlanda yang diwakili oleh Sekcam Tanjungsari, Risman Kholani.

Selain itu, mengahdirkan juga seluruh Calon Kades dari enam desa, Kades serta PJ Kades se-Kecamatan Tanjung Bintang dan Tanjung Sari, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Sebelumnya, Kapolres Lampung Selatan ini sudah berkeliling di beberapa kecamatan yang bakal menggelar Pilkades serentak. Roadshow Kapolres baru itu merupakan cara untuk mempererat dan menjalin silaturahmi.

AKBP. Yusriandi Yusrin, S.IK.,M.Med.Kom mengusung motto SMART (Semangat bekerja, Melayani dengan baik, Antusias dalam segala kegiatan, Reaksi cepat menyelesaikan masalah, dan Tanggung jawab tugas yang diberikan) di era kepemimpinan sebagai Kapolres Lamsel.

 

Dia meminta seluruh jajarannya bekerja sama dengan semua unsur dalam menjaga Kamtibmas. Menurut dia, tanpa sinergitas yang baik dengan TNI, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pemerintah, Polri tidak akan mampu mengembangkan tugasnya dengan baik.(rfk)

 

Sumber: