Hadapi El Nino, PJ Bupati Lampung Barat Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

Hadapi El Nino, PJ Bupati Lampung Barat Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

Bupati Lampung Barat Drs Nukman M.M, menyerahkan bantuan penambahan areal tanam (PAT) secara simbolis berupa 14 Irigasi perpompaan , 58 unit Pompa air ukuran 3 inc, 4 inc dan 6 inc, serta 20 unit Traktor roda dua kepada para petani di kabupaten Lampung Ba--Foto Ade Irawan

Sehingga di sinilah peran petugas penyuluh dan bhabinsa sangat dibutuhkan dalam mengawal tercapainya target dan sasaran produksi pangan ini.

Penyuluh pertanian memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai garda terdepan dalam pembangunan pertanian. 

Kedepan, tantangan dalam bidang pertanian akan terus menerus muncul seiring perkembangan populasi global dan perubahan lingkungan. 

"Maka dari itu, kita semua terkhusus penyuluh pertanian harus terus berinovasi untuk menghadapi tantangan tersebut," tegasnya.

"Pengawalan dan pendampingan penyuluh pertanian bersama dengan babinsa adalah salah satu peran yang vital nan penting," tambahnya.

Karena menurut Nukman, Kesuksesan kegiatan pompanisasi mendukung penambahan areal tanam (pat) bergantung pada kerjasama atau kolaborasi yang baik.

BACA JUGA:Bandar Lampung Raih Insentif Fiskal Rp6,5 Miliar Dari Pengendalian Inflasi

"Kegiatan perpompaan mendukung PAT ini adalah salah satu kepedulian kita semua terhadap kerawanan pangan yang mungkin akan terjadi," ujarnya 

"Ini adalah dukungan pemerintah untuk masyarakat kita agar petani kita yang sebagai agen vital giat untuk berproduksi pertanian pada komoditas padi," imbuhnya.

Terakhir, Nukman meminta para petani yang menerima bantuan tersebut dapat merawat dan menggunakan sesuai dengan peruntukkannya. 

"Ini adalah peluang bapak-bapak semua untuk meningkatkan semangat kegiatan bertani," pungkasnya.

Sebagai informasi, penyerahan bantuan tersebut dihadiri perwakilan Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Lampung Kementerian Pertanian (Kementan), Forkopimda dan kepala perangkat daerah serta kelompok tani se-Kabupaten Lampung Barat.

Sumber: