Nelayan Bandar Lampung Gelar Sedekah Laut Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Nelayan Bandar Lampung Gelar Sedekah Laut Sebagai Bentuk Rasa Syukur

--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Warga pesisir Bandar Lampung dan ratusan nelayan mengadakan sedekah laut dalam bentuk rasa syukur masyarakat terhadap sang pencipta di sekitar Pulau Condong, Senin (22/7/2024).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk ucapan terimakasih dan rasa syukur kepada sang pencipta atas rezeki yang sudah diterima.

Yang dimana melibatkan sekitar enam ratus nelayan tradisi sedekah laut yang berlokasi di pasar gudang lelang Kecamatan Bumi Waras.

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, tradisi sedekah laut sangat bermakna bagi masyarakat dan guna mendukung masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gudang Lelang

BACA JUGA:Nanda Ajak Wujudkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

"Tradisi sedekah laut yang lama melekat di kalangan nelayan, juga sebagai ajang silaturahmi karena keseharian mereka mencari ikan di laut sehingga jarang bertemu dan kumpul secara bersama-sama," ujarnya. 

Prosesi sedekah laut yang menjadi tradisi budaya masyarakat nelayan Kota Bandar Lampung yang dilaksanakan oleh koperasi unit desa (KUD) Mina Jaya Kota Bandar Lampung.

"Ini merupakan perwujudan rasa syukur para nelayan yang telah diberikan rejeki dengan tangkapan ikan yang berlimpah.juga merupakan ciri khas dari negara indonesia sebagai negara maritim dengan aneka kearifan lokal," terangnya

Sementara itu, Ketua Koperasi Unit Desa Minq Jaya, Masirin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan.

"sedekah laut warga pesisir Bandar Lampung merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu diselenggarakan oleh para warga setempat sebagai bentuk ucapan rasa syukur," tandasnya. (dka)

Sumber: