Kadisdikbud Metro : Pendataan Dilakukan Agar Progam Ayo Sekolah Tepat Sasaran

Kadisdikbud Metro : Pendataan Dilakukan Agar Progam Ayo Sekolah Tepat Sasaran

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Suwandi --M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Pemkot Metro menggalakan Progam Ayo Sekolah, guna menyasar anak usia jenjang PAUD yang belum menjamah dunia pendidikan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Suwandi mengatakan, Progam Ayo Sekolah didasari oleh data Indikator Kinerja Utama (IKU) di Bumi Sai Wawai yang masih menyentuh 72 persen. 

“Program Ayo Sekolah ini merupakan besutan Bunda PAUD, di mana untuk meningkatkan partisipasi pada jenjang PAUD. Nah, capaian kita saat ini sudah 72 persen, di mana capaian tersebut lebih tinggi di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 54 persen,” kata Suwandi, Senin, 1/7/2024 . 

Dia menambahkan, meskipun capaian IKU di Metro tergolong tinggi, pihaknya tetap akan meningkatkan capaian tersebut karena dirasa masih banyak anak usia jenjang PAUD yang belum menjamah pendidikan. 

BACA JUGA:Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Lampung Utara Gelar Upacara dan Syukuran

“Memang masih ada dan terdata anak yang masih belum masuk PAUD meskipun usianya cukup. Kita dorong dan berkolaborasi dengan beberapa dinas terkait untuk melakukan pendataan agar Progam Ayo Sekolah bisa tepat sasaran,” tambahnya. 

Selain itu, lanjutnya, program Kartu Metro Ceria juga akan diterapkan hingga peserta didik di jenjang PAUD. 

“Nah, di tahun sebelumnya kan program Kartu Metro Ceria sudah berjalan di jenjang SD dan SMP. Tahun ini akan kami maksimalkan hingga jenjang PAUD,” ungkapnya. 

“Alhamdulillah, ini bentuk komitmen Wali Kota dalam mengakomodir kebutuhan sekolah. Bantuan ini juga bisa meringankan pembiayaan bagi keluarga tidak mampu,” lanjutnya. 

Untuk sasarannya, program Kartu Metro Ceria ini sudah mencapai 2.200 an anak mulai dari SD dan SMP serta akan ditambah lagi di jenjang PAUD mendatang. 

“Saat ini kami sedang lakukan verifikasi berkas, supaya penerima program Kartu Metro Ceria ini tidak tumpang tindih dengan Program Indonesia Pintar (PIP). Jadi, mereka benar-benar mendapatkan manfaat,” pungkasnya. (MRC)

Sumber: