Wali Kota Metro : Antusias Masyarakat Ikut Serta Idul Adha Berbanding Lurus dengan Peningkatan Jumlah Hewan Ku

Wali Kota Metro : Antusias Masyarakat Ikut Serta Idul Adha Berbanding Lurus dengan Peningkatan Jumlah Hewan Ku

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin --M. Ricardo

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER- Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin berharap di momen peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, dapat dijadikan sarana untuk merawat tali silaturahim antarwarga di Bumi Sai Wawai. 

Menurut Wahdi, silaturahim yang terawat dengan baik akan berimplikasi serupa dengan upaya pemerintah dalam pembangunan daerah. 

“Jaga silaturahim yang baik, maka pembangunan di kota Metro saya yakin juga akan menjadi baik,” kata Wahdi saat diwawancarai usai menghadiri salat Idul Adha berjemaah di Lapangan Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Senin, 17/6/2024.

Silaturahim atau pertalian saudara yang terjalin dan terjaga, akan dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial antarmasyarakat. Wahdi menganalogikannya semisal dengan sejumlah kegiatan sosial yang dilakukan oleh kelompok Dasawisma, TP-PKK Kota Metro.

BACA JUGA:KAI Divre IV Tanjungkarang Salurkan TJSL 4 Sapi dan 10 Kambing di Momen Idul Adha

“Penting sekali bagaimana menjaga kepedulian kita terhadap sesama. Saya sudah sampaikan, misalnya pada suatu kelompok, misalnya di Dasawisma. Peduli dengan lingkungannya, maka tidak ada orang yang kelaparan, tidak ada yang tidak terpantau, tidak ada orang yang kesusahan di sekitar kita, orang yang sakit tidak terpantau di sekitar kita, itu tidak ada,” bebernya.

Menurut dia, hikmah Hari Raya Qurban bagi umat muslim adalah sebagai sarana merawat tali silaturahim. Bahkan, persaudaraan kepada non muslim sekalipun.

“Jadi, kurban itu ketika kita lakukan, itu bisa dinikmati bahkan bukan hanya untuk umat muslim saja, tapi yang non muslim juga boleh menerimanya. Artinya apa? Artinya, manusia yang diciptakan Allah bersuku-suku, berbangsa-bangsa, berbeda-beda, tetapi terbentuk tali silaturahmi. Maka jagalah,” sambungnya.

Mengutip Quran Surat An Nisa Ayat 1, Wali Kota Metro mengimbau masyarakat di Bumi Sai Wawai untuk menjaga ukhuwah Islamiyyah dan silaturahim lintas agama.

Sebab, lanjut Wahdi, silaturahim merupakan fondasi dalam upaya pembangunan daerah.

“Wattaqullaahalladzii tasaa aluunabihii wal arhaama innallaaha kaana ‘alaykum raqiiban. Yakin deh, jaga silaturahim yang baik, maka pembangunan di kota Metro Saya yakin juga akan baik,” ulasnya.

Selain menyampaikan pesan persatuan, Wahdi juga menyebut antusias masyarakat untuk ikut serta dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah meningkat, berbanding lurus dengan peningkatan jumlah hewan kurban di kota setempat.

BACA JUGA:Okupansi Capai 127%, Pelanggan KA Divre IV Tanjungkarang Diimbau Mengatur Waktu Keberangkatan Menuju Stasiun

“Kurban kita tahun ini Alhamdulillah lebih besar dari kurban tahun sebelumnya. Total seluruhnya itu sekitar 4 ribuan. Kalau tahun kemarin, itu kan totalnya 3300 sampai 3400 ekor. Artinya, tahun ini tingkat kesadaran masyarakat untuk ikut serta berkurban itu cukup tinggi ya,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: