Riana Sari Apresiasi Atas Inisiatif Terbentuknya Komunitas Mighul Lampung Bersatu

Riana Sari Apresiasi Atas Inisiatif Terbentuknya  Komunitas Mighul Lampung Bersatu

--Ist kominfo provinsi Lampung

BANDAR LAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER-  Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, menerima audiensi Mighul Lampung Bersatu, di Mahan Agung, Selasa (16/04/2024). 

Mighul Lampung Bersatu ialah perkumpulan perempuan lampung yang sudah menikah, perkumpulan ini secara resmi belum terbentuk namun sedang berproses untuk menjadi sebuah komunitas.

Mighul dalam bahasa lampung berarti anak perempuan yang sudah menikah, mereka mempunyai adok (gelar) yang berasal dari jenjang keturunannya masing-masing. 

Dalam kesempatan tersebut calon Ketua Mighul Lampung Bersatu Dwita Ria Gunadi menyampaikan maksud dan tujuan dibentuknya Mighul  Lampung Bersatu sebagai media  pemersatu  dan wadah perempuan lampung dalam peran serta aktifnya membangun Lampung.

BACA JUGA:Sekdaprov Tekankan ASN Pemprov Untuk Fokus Tugas Pokok dan Fungsi Pelayanan

"Jangan sampai di lampung ini ada perkumpulan perempuan dari Padang, Sumatera Selatan, tetapi Lampung sendiri belum mempunyai," ujar Dwita.

Mighul Lampung Bersatu dibentuk atas  inisiatif bersama, dalam kesempatan tersebut calon Ketua Mighul Lampung Bersatu memperkenalkan wadah tersebut kepada Ketua TP. PKK Provinsi Lampung. 

"Mighul ini dibentuk untuk nantinya anak-anak muda meneruskan adat budaya kita ke generasi-generasi selanjutnya, Mighul ini kedepan harus dibuat bermakna paling tidak kita ikut membantu Lampung bersama Ibu Gubernur," ujar Dwita.

Calon Ketua Mighul Lampung Bersatu Dwita Ria Gunadi juga menginformasikan, bahwa saat ini sudah terdaftar sekitar 80  orang anggota Mighul Lampung Bersatu. 

Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam arahannya, mengapresiasi serta mendukung terbentuknya komunitas Mighul Lampung Bersatu. Mengingat banyaknya perkumpulan perempuan dari daerah-daerah selain Lampung, maka dipandang  perlu dibentuk juga perkumpulan perempuan lampung. 

"Lestarikan budaya Lampung, dengan adanya wadah ini kita ingin supaya bahasa Lampung tidak hilang, kebudayaannya, tata cara adat istiadat Lampung tidak hilang. Saya rasa menjadi tugas kita bersama, untuk memberikan sesuatu yang lebih bukan sekedar komunitas," ujar Ketua TP. PKK Provinsi Lampung 

Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, juga mengajak Mighul Lampung Bersatu dalam beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Provinsi Lampung kedepan. Karena dengan adanya wadah tersebut Provinsi Lampung bisa semakin memperkenalkan secara luas kepada masyarakat tentang kebudayaan Lampung. (npt)

Sumber: