Pemprov Lampung Minta Pemkot Bandar Lampung Fokus dengan 4 Kebijakan Pembangunan

Pemprov Lampung Minta Pemkot Bandar Lampung Fokus dengan 4 Kebijakan Pembangunan

Musrenbang Bandar Lampung di Aula Semergou, Jumat (22/3/2024).--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung fokus pada empat kebijakan pembangunan.

Empat fokus kebijakan pembangunan yang perlu dilakukan di Bandar Lampung, yakni pilar ekonomi, pilar sosial, pilar hukum dan pemerintahan, dan pilar infrastruktur, kewilayahan, dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan dalam Musrenbang Bandar Lampung di Aula Semergou, Jumat (22/3/2024).

"Perlunya peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga melalui penyediaan keterampilan, pemberdayaan, dan pertumbuhan lapangan kerja baru," kata dia. 

Menurutnya, pertumbuhan sektor ekonomi perdagangan dan jasa perlu diikuti peningkatan produktivitas dengan penguatan sektor ekonomi kreatif dan digitalisasi ekonomi.

BACA JUGA:DLH Bandar Lampung Kerjasama dengan 10 Bank Sampah Atasi Masalah Sampah

"Hal itu bisa dengan penguatan sektor UMKM, IKM, dan transformasi sektor informal menjadi formal," ujarnya.

Lalu di pilar sosial Pemkot Bandar Lampung perlu meningkatkan kesehatan masyarakat, pendidikan masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan. Pada pilar hukum dan tata kelola pemerintah penyederhanaan birokrasi hingga pelayanan publik berbasis digital perlu ditingkatkan.

Mengingat hasil evaluasi Sistematis Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilakukan Pemprov Lampung, Pemkot Bandar Lampung menempati urutan terbuncit indeks SPBE yakni 2,15 dengan predikat cukup.

"Kami mendukung birokrasi yang baik dan bersih, sederhana, fleksibel, serta didukung oleh tata kelola yang cepat dan SDM aparatur yang berkualitas akan menghasilkan pelayanan publik yang prima," jelasnya.

Terakhir pilar kewilayahan Pemkot Bandar Lampung perlu meningkatkan infrastruktur, pemantapan jalan aksebilitas, dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Lampung yang sudah memberi masukan untuk kemajuan Kota Tapis Berseri.

"Ini harus kita pertahankan dengan nilai yang sekarang ini kita jangan puas kalo bisa kita tingkatkan. Dan memang ada beberapa hal yang harus kita tingkatkan terus dan ini adalah tanggung jawab dari OPD supaya lebih jeli dan memperhatikan hal-hal mana yang memang harus kita tingkatkan," kata dia. (dka)

Sumber: