Pameran Handicraft Trade Fair Inacraft 2024 Resmi Dibuka, Kain Tapis Jadi Produk Unggulan Pemkab Lampura

Pameran Handicraft Trade Fair Inacraft 2024 Resmi Dibuka, Kain Tapis Jadi Produk Unggulan Pemkab Lampura

Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara ikut serta memeriahkan pameran Inacraft 2024 --Foto Franki saputra

LAMPURA, LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara ikut serta memeriahkan pameran Inacraft  2024 sebagai upaya bersama membangkitkan pertumbuhan ekonomi  industri kreatif pasca Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan Lampura, Hendri secara eksklusif kepada Lintas Lampung mengatakan pihaknya terus berupaya menjaga komitmen guna mendukung serta mendorong perajin lokal industri kreatif yang ada di Bumi Ragem Tunas Lampung mendapatkan ruang pasar hingga tingkat internasional.

"Bukti konkret perhatian Pemkab Lampura kepada seluruh perajin lokal, selain melakukan pembinaan dan pelatihan, Bupati dan Wakil Bupati Lampura tak pernah absen memfasilitasi sekaligus memberikan dukungan, salah satunya dengan mengikutsertakan pada pameran rutin tahunan INACRAFT bertaraf internasional. Tujuannya agar produk kerajinan lokal dapat berkompetisi dan bersaing dengan produk dari luar negeri," terang Hendri, Rabu, (28/02).

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Akan Kaji Ulang Talud Usai Diterjang Banjir Bandang

Menurutnya, Jakarta International Handicraft Trade Fair memberikan dampak positif serta  peluang besar bagi perajin lokal untuk memasarkan produk kerajinan tangan hingga mancanegara.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, Lampung Utara kedepan mampu mencetak komunitas Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi eksportir komoditi produk handmade berkualitas yang diminati pasar global.

"Kita menginginkan Pameran ini bukan sekedar kegiatan seremonial belaka. Produk kerajinan tangan Lampung Utara seperti aksesoris, Kain Tapis, dan produk-produk kreasi sulaman lainnya kini mulai diakui kualitasnya oleh konsumen, bahkan Kain Tapis Lampung jadi produk unggulan yang diminati konsumen domestik dan internasional. Artinya produk lokal kita (Lampura) memiliki peluang besar untuk bersaing ditingkat pasar global, serta tidak menutup kemungkinan melahirkan eksportir komoditi produk handmade yang berkualitas tinggi," tandasnya.

Sumber: