Badan Kesbangpol Kota Metro Jaring 385 Pelajar, Ikuti Seleksi Capaska

Badan Kesbangpol Kota Metro Jaring 385 Pelajar, Ikuti Seleksi Capaska

Sebanyak 385 pelajar SMA dan SMK se-Kota Metro mengikuti Pra Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) tingkat kota --M. Ricardo

METRO, LAMPUNG NEWSPAPER-Sebanyak 385 pelajar SMA dan SMK se-Kota Metro mengikuti Pra Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) tingkat kota yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

“Ya, hari ini kami sudah mulai melaksanakan pra seleksi tingkat kota tahap pertama untuk capaska. Total ada 385 peserta yang terdiri dari 262 putra dan 123 putri,” kata Kaban Kesbangpol Kota Metro, Rosita, Senin, 19/2/2024.

Dijelaskannya, pra seleksi dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 19 -20 Februari 2024.

Para peserta akan mengikuti tes jasmani atau kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Metro, serta kesamaptaan dan parade dari Polres Kota metro.

BACA JUGA:Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro Bakal Ikut Pilkada 2024, Benarkah?

“Dari seleksi tahap pertama ini kami akan mencari 100 peserta dari putra dan putri. Kemudian baru kami seleksi lagi menjadi 16 putra dan putri terbaik,” imbuhnya.

Dia menambahkan, 16 putra dan putri terbaik tersebut nantinya akan masuk ke Asrama Desa Bahagia dan mengikuti latihan mingguan sebelum dilibatkan dalam pengibaran bendera pusaka pada upacara peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Para peserta yang mengikuti seleksi Paskibraka Kota Metro tahun 2024 ini, disebut telah memenuhi kriteria, baik dari tinggi, berat badan dan syarat-syarat lainnya.

“Tidak ada titipan ya, ini murni kami pilih sesuai kriteria untuk Paskibraka. Karena kami seleksinya langsung terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memilih mana yang sesuai,” tegasnya.

“Diharapkan pelaksanaan pra seleksi dan seleksi ini dapat menghasilkan pasukan yang solid, bermental yang baik, berdisiplin tinggi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap pengibaran bendera merah putih. Semoga semua tahapan berjalan lancar dan tentunya dengan tetap menjaga kesehatan,” tutupnya.  (MRC)

Sumber: