Tim Satgas Pangan Kabupaten Lampung Selatan Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Tim Satgas Pangan Kabupaten Lampung Selatan Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Tim Satgas Pangan Kabupaten Lampung Selatan mengecek ketersediaan stok beras di Gudang Bulog wilayah setempat.--ist

LAMSEL,LAMPUNGNEWSPAPER-Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan harga dan stok bahan pokok di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Ada dua lokasi yang jadi target, yakni di Pasar Inpres Kalianda, dan juga memastikan stok beras di Gudang Bulog Lampung Selatan.

Tim yang terdiri dari Polres Lampung Selatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian Setdakab dan pihak Bulog Lampung Selatan itu fokus terhadap pengecekan stok beras yang ada di pasaran. Hal ini dilakukan untum mengetahui apakah ada kenaikan harga.

"Atau mungkin kelangkaan. Kami melakukan evaluasi jangan sampai nanti muncul riak-riak masyarakat terkait kelangkaan ataupun kenaikan harga Bapokting," kata Kapolres Lamsel, AKBP. Yusriandi Yusrin, S.I.K. Jumat, 16 Februari 2024.

Yusriandi mengatakan situasi saat ini bisa dibilang baik, dan normal-normal saja. Perwira dengan pangkat melati dua di pundak ini memastikan kalau stok bahan pokok penting akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai bulan Ramadan hingga Idulfitri nanti. 

Dari hasil pengecekan, harga jual beras pihak Dinas Peradangan dan Perindustrian Kabupaten Lampung Selatan relatif cukup tinggi setelah terjadinya lonjakan harga. Saat ini beras premium sudah menyentuh harga Rp.165.000 per 10 kilogram, dan beras premium kedua Rp.145.000 per 10 kilogram.

BACA JUGA:PT Pupuk Indonesia Wilayah Lampung Bantah Dugaan Pungli di PT. PCS

Pemerintah kabupaten bersama Bulog memberikan alternatif dengan beras stabilitas pasokan harga pangan (SPHP) yang dijual dengan harga Rp.10.900 per kilogramnya. Ini bisa jadi alternatif daya beli masyarakat. Di sisi lain, pemerintah dan Bulog terus mengantisipasi terkait stok Bapokting.

Pimpinan Cabang Bulog Lampung Selatan, Nurmulayanti, menyatakan bahwa stok beras di Gudang Bulog tersedia cukup banyak. Stoknya mencapai 2.000 ton. Nurma juga mengatakan pihak Bulog menyiapkan 1.189.160 kilogram per bulan untuk program beras bantuan pangan (bapang).

 

"Dan kami juta menyiapkan SPHP (Stabilisasi Pasokan Harga Pasar) untuk stabilitas harga," katanya. (rnd)

Sumber: