Jalan Imam Bonjol di Metro Rusak, Pernah Renggut Nyawa Pengendara Karena Kecelakaan

Jalan Imam Bonjol di Metro Rusak, Pernah Renggut Nyawa Pengendara Karena Kecelakaan

--Foto M. Ricardo

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER-- Warga dan pengendara megeluhkan kondisi ruas Jalan Imam Bonjol di wilayah Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro yang mengalami kerusakan dan tidak tersentuh proyek perbaikan.

Permukaan jalan yang tidak rata sering menyebabkan kecelakaan lalulintas.

Dari pantauan Lampung Newspaper di sepanjang ruas jalan poros tersebut, kerusakan terparah terletak di titik temu antara Jalan Imam Bonjol dengan Jalan Bambu Kuning.

Terlihat permukaan badan jalan yang tidak rata disebabkan lapisan aspal yang telah rontok mengelupas.

Terdapat sejumlah lubang yang cukup dalam, menganga dan berpotensi menyebabkan kecelakaan lalulintas. 

BACA JUGA:Pembangunan JPO Siger Milenial Capai 60 Persen

Kondisi itu semakin diperparah dengan jaringan drainase yang tidak lancar, yang diduga menjadi penyebab meluapnya air ke badan jalan pada saat hujan turun dengan intensitas curah yang deras

Titik luapan air tersebut bahkan bisa mencapai betis orang dewasa.

“Pokoknya kalau lewat sini pas hujan, harus ekstra hati-hati. Karena memang bahaya sekali, ada genangan air, ada juga lubang-lubang di jalan. Bahayanya, lubang-lubang itu jadi enggak kelihatan karena ketutup genangan air hujan. Nah, kalau sampai kepeleset dan kebetulan ada kendaraan besar lewat, kan gawat, lewat juga nyawa kita kalau sampai jatuh dan terlindas. Lubangnya banyak soalnya, permukaan jalan juga enggak rata,” celetuk salah seorang warga yang sedang melintas, Evan(33) kepada Lampung Newspaper, Rabu, 17/1/2024.

“Saya sendiri ya pernah ngalamin kecelakaan di situ soalnya. Ya kayak yang saya bilang tadi. Itu lubang-lubang itu kan memang dalam, terus kalau hujan ketutup air jadi ngga kelihatan. Nah, waktu itu saya pernah nyungsep, jatuh tersungkur di situ. Motor rusak, badan luka-luka, dan basah kuyup pula karena hujan,” timpalnya.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Penandatanganan Komitmen Bersama Pembanguan ZI dan PK Tahun 2024

Cerita lainnya dikisahkan warga setempat, Usama(27). Menurut dia, jalur poros itu memang sudah lama rusak, tapi tidak kunjung diperbaiki.

Bahkan, diduga akibat kerusakan infrastruktur tersebut, pernah sebabkan kecelakaan maut yang merenggut nyawa pengendara roda dua, yang tak lain merupakan warga di permukiman sekitar lokasi.

“Memang parah betul jalan itu, rusaknya sampai bertahun-tahun. Yang bikin kesal, beberapa bulan lalu kan saya lihat kayaknya lagi ramai perbaikan jalan, tapi herannya, Jalan Imam Bonjol itu ya tetap juga enggak kena proyek perbaikan. Entah kenapa. Padahal setiap hari, jalan itu ramai banget yang lewatin. Jalan utama lo,” beber Usama.

Sumber: