Kota Bandar Lampung Alami 466 Kebakaran Sepanjang Tahun 2023

Kota Bandar Lampung Alami 466 Kebakaran Sepanjang Tahun 2023

Kepala Damkar Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan, --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER -  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bandar Lampung mencatat 466 kejadian kebakaran sepanjang 2023. Terbanyak kejadian kebakaran terjadi pada Oktober.

Demikian diungkapkan Kepala Damkar Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan, Minggu (7/1) 2023). "Bila dirincikan kejadian kebakaran pada Januari sebanyak 15, Februari 9, Maret 13, April 13, Mei 12, Juni 10, Juli 15, Agustus 46, September 84, Oktober 137, November 61 dan Desember 51 kejadian kebakaran," katanya.

Anthoni menjelaskan, kebakaran lahan mendominasi pada tahun 2023 yakni 372 kali, disusul kebakaran bangunan penduduk 59 kali dan kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik 56 kali.

“Kebakaran bangunan industri 13 kali, kebakaran bangunan umum 6 kali, dan kebakaran kendaraan 15 kali,” ujarnya. 

Anthony memaparkan, kejadian kebakaran terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kota Bandar Lampung. Terbanyak kebakaran terjadi di Kecamatan Kemiling dan Kecamatan Sukabumi.

BACA JUGA:YKWS Catat 300 Lebih APK Terpaku di Pohon Ruas Jalan Bandar Lampung

“Frekuansi kejadian kebakaran paling sedikit di Kecamatan Enggal, dan Tanjung Karang Pusat dengan geografisnya lahan perumahan, sedang yang sering terjadi kebakaran di daerah perbukitan,” jelasnya.

Sebagai upaya pencegahan kebakaran, Anthoni mengimbau kepada masyarakat untuk meyiapakan tabung apar di rumah dan tidak membakar sampah tanpa pengawasan.

“Disarankan sampah dibuang melalui dinas lingkungan hidup. Termasuk juga dilarang membuka lahan dengan cara membakar,” tutupnya. (dka)

Sumber: