Aparat Kepolisian Turut Serta Kawal Kampanye Parpol di Kota Metro

Aparat Kepolisian Turut Serta Kawal Kampanye Parpol di Kota Metro

Polres Kota Metro terjunkan sejumlah personel, lakukan pengamanan, pengaturan, pengawalan dan penjagaan kampanye dari Partai Politik peserta Pemilu di wilayah hukum polres setempat, Kamis, 4/1/2024.--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Polres Kota Metro terjunkan sejumlah personel, lakukan pengamanan, pengaturan, pengawalan dan penjagaan kampanye dari Partai Politik peserta Pemilu di wilayah hukum polres setempat, Kamis, 4/1/2024.

Hal itu bertujuan turut serta sukseskan pelaksanaan kontestasi politik 2024 mendatang.

Aparat kepolisian memastikan personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut akan dapat menunjukkan profesionalisme dan kewaspadaan tinggi, guna memastikan jalannya kegiatan politik dengan aman dan tertib.

Kapolres Kota Metro, AKBP heri Sulistyo Nugroho menuturkan, tujuan dilaksanakannya pengamanan dari kepolisian saat kampanye partai politik melibatkan beberapa aspek, yakni untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum.

“Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye, agar proses politik berlangsung dengan damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman,” kata AKBP Heri.

“Tugas kita hanya melakukan pengamanan dan pemantauan menyelenggarakan kegiatan kampanye tersebut dengan tujuan kegiatan berjalan aman, lancar tanpa gangguan kamtibmas,” sambungnya.

BACA JUGA:Kejar Target Dongkrak PAD, Dishub Kota Metro Tambah Titik Pengelolaan Parkir

Selain itu, tujuan pengamanan juga untuk menanggulangi potensi konflik. Dengan kehadiran polisi, potensi konflik antarpendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalkan, guna mencegah eskalasi kekerasan.

Kepolisian juga bertugas melakukan penegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya, yang dapat mengganggu integritas proses politik.

“Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokrasi dapat berjalan dengan aman, lancar, adil dan damai,” pungkasnya.  (MRC)

Sumber: