Jelang Akhir Tahun Sebagian Komoditas Pangan Naik

Jelang Akhir Tahun Sebagian Komoditas Pangan Naik

Dinas Ketahanan Pangan dan tim secara marathon pantau ke sejumlah pasar rakyat di Pesawaran.--fahrurrozi

PESAWARAN,LAMPUNGNEWSPAPER-Guna memastikan ketersedian dan harga bahan pangan jelang akhir tahun, serta menjaga stabilitas harga, Dinas Ketahanan Pangan dan tim secara marathon pantau ke sejumlah pasar rakyat di Pesawaran.

 Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran, Hendra Sulistianto mengatakan, kali ini, pihaknya memantau ketersediaan dan harga pangan di Pasar Kedondong dan dilanjutkan ke Way Khilau.

"Hasil pantauan dan wawancara kami dengan pedagang, ada sejumlah komodtitas yang mengalami kenaikan. Tapi kenaikan tidak terlalu signifikan," ungkap Hendra, Rabu 20 Desember 2023.

 Dia melanjutkan, Pemantauan Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok dilakukan sebagai upaya Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Hal itu dikarenakan harga dan ketersediaan bahan pangan pokok merupakan kebutuhan primer masyarakat yang selalu di butuhkan dan di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 BACA JUGA:Hj Eva Dwiana Berikan Langsung Bantuan Kepada Korban Kebakaran, Pohon Tumbang Di Ruang Rapat Walikota

"Pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan kita lakukan dengan cara metode survey dan wawancara langsung kepada para pedagang yang terdapat di Pasar Kedondong," ucapnya.

 Dari hasil pantauan tersebut lanjut Hendra diketahui harga Bawang Putih sebelumnya Rp.32 ribu naik menjadi Rp. 34 ribu atau naik sebesar Rp 2 ribu.

 Kemudian, Minyak Goreng Kemasan sebelumnya Rp.14 ribu naik menjadi Rp 15 Ribu, Cabai Setan sebelumnya Rp.90.000,- menjadi Rp.80.000.

"Hanya tiga bahan pokok  yang mengalami kenaikan. Nah, kenaikan dapat disebabkan oleh faktor cuaca dan juga dikarenakan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi menjelang HBKN," ujarnya

 Sedangkan, untuk bahan pangan pokok yang lainnya tidak mengalami kenaikan harga atau relatif stabil.

 Dirinya berharap, dengan adanya hasil dari Pemantauan Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok ini, dapat menjadi acuan bagi Pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait.

 "Kita akan lanjutkan monitoring ke seluruh pasar Pemda. Tentu kita akan bahas lebih lanjut, kalau terjadi kelanggkan dan kenaikan harga bahan pangan, pemerintah daerah akan segera mengambil langkah,"pungkasnya.

Sebelumnya, empat komoditas bahan pangan mengalami kenaikan saat tim melalukan monitoring ke Pasar Sukaraja Kecamatan Gedongtataan.

 Keempat komoditas itu yakni bawang putih, beras medium, beras premium dan minyak goreng kemasan. Dimana, bawang putih yang sebelumnya dijual Rp 30 ribu, naik  menjadi Rp 32 ribu;  beras medium dari Rp 12.700 menjadi Rp 13.000, beras premium dari Rp 13.400 menjadi Rp 13.900, sedangkan minyak goreng kemasan dari Rp 14.000 menjadi Rp 15.000. (*)

 

Sumber: