BLT-DD Masih Prioritas Penggunaan DD Tahun 2024

BLT-DD Masih Prioritas Penggunaan DD Tahun 2024

--

PALAS,LAMPUNGNEWSPAPER – Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) akan terus digulirkan hingga tahun 2024 mendatang. Program ini masih skala prioritas pembangunan desa di tahun 2024.

Hal tersebut diutarakan oleh Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Palas, Fahrul Ulum. Susai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal , dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023, BLT DD masih menjadi skala prioritas penggunaan DD.

“Sesuai denga  Permendes PDTT nomor 7 Tahun 2023 BLD program BLTDD menjadi salah satu prioritas penggunaan DD,” kata Fahrul Ulum,Selasa (19/12) kemarin.

Ulum mengungkapkan, sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2023 ada tujuh skala prioritas penggunaan Dana Desa diantaranya.

Pengentasan kemiskinan ekstrim, interpensi percepatan eliminasi TBC, ketahanan pangan, pencegahan narkoba, penurunan stunting, operasional pemerintahan desa, dan terakhir optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan sosial.

“Tujuh program prioritas ini telah termuat dalam pemermendes. Dimana tujuh program menjadi prioritas penggunaan dana desa di tahun 2024,” sambung Ulum.

BACA JUGA:SSSSST, Muncul Kabar Disdikbud Bandar Lampung Teken MoU dengan Travel Study Tour untuk Semua Sekolah

Ulum mengungkapkan, program BLT-DD yang sudah berjalan sejak  pandemic Covid-19 ini mendapat alokasi anggaran sebesar 25 persen dari total pendapatan DD.

Ulum juga berharap, pemerintah desa dapat menjadikan permendes ini sebagai acuan dalam penggunaan DD tahun 2024 mendatang.

“Maksimal 25 persen DD bisa digunakan untuk BLT-DD sebagai penanggulangan kemiskinan ekstrim. Kita juga mengharapkan Permendes nomor 7 Tahun 2023 ini menjadi acuan pemerintah desa dalam penggunaan dana desa,” harapnya. (vid)

Sumber: