Akibat Tanggul Jebol Kecamatan Semaka Banjir, 149 Rumah Terdampak

Akibat Tanggul Jebol Kecamatan Semaka  Banjir, 149 Rumah Terdampak

Hujan deras yang mengguyur di wilayah Semaka menyabkan tanggul di Pekon Kacapura jebol dan jembatan penghubung terkikis--Ist

TANGGAMUS,LAMPUNGNEWSPAPER-Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kabupaten Tanggamus, Lampung menyebabkan banjir di sejumlah titik, setelah sebelumnya wilayah Kecamatan Pematangsawa.

Kini giliran Wilayah Kecamatan Semaka yang terendam banjir pada Jumat 1 Desember 2023 sekitar pukul 06.30 WIB.

 

Banjir yang menggenagi rumah warga di Pekon Kacapura itu dipicu tanggul penahan air jebol sepanjang 4 meter di pekon setempat.

 

Lantaran jebolnya tanggul, sedikitnya 149 rumah warga Pekon Kacapura tergenang air setinggi mata kaki orang dewasa.

 

Lalu ada 4 titik tanggul yang berpotensi jebol kembali apabila debit air meningkat, sehingga  masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

 

"Banjir di Pekon Kacapura merupakan kiriman air dari Pekon Sedayu dan Pekon Sukaraja,"ujar Kapolsek Semaka, Iptu Lusiyanto mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

 

 BACA JUGA:5 Aktivitas Seru yang Bisa Dinikmati saat Liburan Akhir Tahun di Bandar Lampung

 

Menurut, Iptu Lusiyanto dari hasil koordinasi unsur pimpinan kecamatan, sudah ada dapur umum di Pekon Kacapura untuk memberikan bantuan berupa makanan bagi warga terdampak.

"Bantuan makanan diberikan untuk konsumsi masyarakat hari ini,"ujar kapolsek.

Lusiyanto, melanjutkan, dari data yang dihimpun, banjir bandang juga mengakibatkan tergerusnya jembatan Tugupapak sehingga jembatan ambrol dan dapat dilalui kendaraan.

"Untuk jembatan di Pekon Tugupapak yang tidak dapat dilewati sudah disiapkan jalan alternatif lainnya, agar lalu lintas tetap berjalan lancar,"beber kapolsek.

 

BACA JUGA:Rencana Pendirian RSH di Metro Masih Menunggu Rekomendasi

Kapolsek menjelaskan, aliran sungai dari Pekon Sedayu dan Pekon Sukaraja tersendat dan tidak lancar kerana banyaknya sampah yang menumpuk, mengakibatkan tanggul sungai Kacapura jebol dan air meluap ke pemukiman dan perkebunan warga

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan, untuk kerugian masih dalam pendataan,"ungkap Lusiyanto.

 

Untuk mencegah terjadinya banjir susulan, Lusiyanto mengimbau masyarakat yang bermukim dekat aliran sungai Pekon Kacapura untuk selalu waspada.

 

"Kami juga mengimbau masyarakat yang berdekatan dengan pegunungan atau perbukitan agar siaga dan waspada dikhawatirkan terjadinya banjir ataupun tanah longsor susulan akibat hujan lebat dengan intasitas lama,"pungkas kapolsek(*)

 

Sumber: