Komitmen Entaskan Kemesikinan Extrem, Pemdes Kampungbaru Bantu Bedah Rumah Warga

Komitmen Entaskan Kemesikinan Extrem,  Pemdes Kampungbaru Bantu Bedah Rumah Warga

- Kepala Desa Kampungbaru, Effendi HF, Sekretaris Desa Kampungbaru, Dodi Prasetyo, A.Md mendampingi Camat Penengahan, Jaelani, S.STP saat menyerahkan bantuan program bedah rumah kepada Masitoh.--Randi

PENENGAHAN,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Desa Kampungbaru, Kecamatan Penengahan, meluncurkan program bedah rumah di tahun anggaran 2023.

Ada dua unit rumah yang tersentuh program dari anggaran dana desa (DD) itu. Yaitu rumah milik Herman, dan Masitoh.

 

Kedua rumah itu sama-sama terletak di RT 1. Baik Herman maupun Masitoh mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp10 juta. Forkopimcam Penengahan turut menyaksikan penyerahan bantuan itu sebagai bentuk penegasan bahwa program tersebut tepat sasaran.

 

Dodi Prasetyo, A.Md, selaku PPKD Desa, mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kepala Desa selaku PKPKD (Pemegang kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa).

 

Dengan begitu, anggaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan desa. Kepala desa, kata Dodi, merupakan pemegang kekuasaan tertinggi terkait pengelolaan dana desa.

 

Tetapi sekretaris desa juga berkedudukan sebagai unsur pimpinan sekretariat desa yang menjalankan tugas sebagai koordinator Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD).

 

"Sehingga kerjasama dan koordinasi yang baik antara kepala dan sekretaris desa akan mewujudkan kemajuan desa sesuai dengan yang diharapkan," katanya, Rabu, 29 November 2023.

BACA JUGA:1.300 Hektar Padi Puso, Bantuan Masih Upayakan

 

Kepala Desa Kampungbaru, Effendi HF, mengatakan program bedah rumah yang telah dianggarkan untuk tahun ini memang ditujukan untuk masyarakat yang memiliki rumah kurang layak huni. Menurut Effendi, jajarannya merasa lega karena telah mengurangi beban warga.

 

"Sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, kami juga berkomitmen mengentaskan rumah tidak layak huni," ujarnya. (rnd)

 

Sumber: