Tujuh Kecamatan Lamsel Dipetakan BPBD Rawan Kebanjiran

Tujuh Kecamatan  Lamsel Dipetakan BPBD  Rawan Kebanjiran

Plt Kepala BPBD Lamsel, Aflah Effendi--Ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Tujuh kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan dipetakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai kawasan rawan banjir. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan nya disaat memasuki musim penghujan.

 

Menurut Plt. Kepala BPBD Lamsel, Aflah Effendi, wilayah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan dengan potensi bencana banjir tertinggi antara lain Kecamatan Katibung, Sidomulyo, Candipuro, Palas, Sragi, Kalianda, dan Rajabasa. Namun, dia menghimbau agar Kecamatan yang lain tetap waspada terhadap potensi ancaman banjir tersebut.

 

“Ya, 7 kecamatan itu memang potensi bencana banjir sangat tinggi. Maka kami himbau masyarakat khususnya yang ada di wilayah kecamatan itu meningkatkan kewaspadaannya,” ungkap Aflah via telepon radarlamsel ( grup LNP), Senin (28/11/2023).

 

Sebagai upaya mengantisipasi bencana tersebut, terangnya, BPBD Lamsel telah melakukan berbagai tindakan.

Diantaranya, mengecek jalur evakuasi dan tempat pengungsian yang aman dengan mempertimbangkan protokol kesehatan, mengecek kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya yang ada berdasarkan rencana kontingensi yang telah disusun. 

 

 BACA JUGA:Inspektorat Pastikan Sahriwansyah Cs Tetap Dipecat dari ASN

 

“Kita juga sudah melakukan Koordinasi dan Sosialisasi. Meningkatkan koordinasi dengan dinas instasi terkait dan kecamatan serta desa, melaksanakan sosialisasi dan edukasi peringatan dini bencana menggunakan media elektronik atau media sosial serta berkoordinasi dengan lembaga/organisasi masyarakat dalam penyebarluasan informasi peringatan dini,” terangnya.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga meningkatkan upaya mitigasi seperti membersihkan saluran air, naturalisasi sungai, vegetasi tumbuhan berakar kuat, membuat dining penahan tebing dan lain-lain.

 

“Kami juga telah membentuk pos komando dan koordinasi keadaan darurat bencana dapat menghubungi Pusdalops BPBD Kabupaten Lampung Selatan di Nomor 082176824676,” pungkasnya. (idh)

 

 

 

Sumber: