Petani Ucap Syukur Hujan Mulai Guyur Kecamatan Palas yang Kering Kerontang

Petani Ucap Syukur Hujan Mulai Guyur Kecamatan Palas yang Kering Kerontang

prakiraan cuaca hari ini di kecamatan palas tgl 26 oktober 2023--bmkg

PALAS,LAMPUNGNEWSPAPER - Musim kemarau yang melanda tanaman padi di wilayah Palas nampaknya segera berakhir. Sejumlah desa si kecamatan itu telah diguyur hujan pada Rabu (25/10) kemarin.

 

Meski belum merata, namun tanaman padi di beberapa desa telah mendapat curah hujan. 

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjoko mengatakan, curah hujan terjadi di sebagian bersa desa wilayah timur Kecamatan Palas.

Mulai dari Desa Sukataja, Sukamulya, Bangunan, Palas Aji, Pematang Baru, Suka Bakti, dan Palas Pasemah.

 

 Sementara untuk wilayah barat belum mendapatkan curah hujan pada Rabu siang kemarin.

 

"Hujan terjadi hampir menyeluruh di wilayah Timur. Sementara di wilayah barat seperti Desa Kalirejo, Bumidaya hingga Bumi Restu belum dapat curah hujan. Hanya mendung saja pada Rabu siang kemarin," kata Yusak  kemarin.

 

 BACA JUGA:Gunung Rajabasa Memprihatinkan, Mata Air Menipis dan Waga Sekitar Terdampak

 

Yusak mengungkapkan, tanaman padi yang tengah dilanda kekeringan di wilayah timur Palas juga telah mendapatkan pasokan air setelah dilanda hujan.

 

"Intensitas hujan sedang. Tanaman padi di wilayah timur yang sedang kekeringan juga ikut diguyur hujan. Saat ini tanaman padi di wilayah timur berada di usia 65 hari setelah tanam (HST)," sambungnya.

 

Meski belum merata, namun guyuran hujan yang tejadi pada Rabu kemarin menambah peluang tanaman padi di wilayah Palas selamat dari kekeringan.

 

"Peluang selamat dari kekeringan tentunya meningkat, wilayah timur dapat pasoka. air dari curah hujan, sementara di wilayah barat dibantu dengan pasokan air dari Lampung Timur. Harapan kita hujan akan terus berlanjut kedepannya," harapnya. (vid)

 

 

 

Sumber: