Pembangunan Pagar Sekolah di TK Negeri 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah itu Diduga Asal Jadi

Pembangunan Pagar Sekolah di TK Negeri 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah itu Diduga Asal Jadi

Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan inspeksi pembangunan pagar di TK Negeri Krui--rnn

PESBAR,LAMPUNGNEWSPAPER-Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin (23/10), melakukan inspeksi pembangunan pagar sekolah di TK Negeri 1 Krui, Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, yang pengerjaan kini telah selesai dilaksanakan oleh pihak rekanan.

 

Proyek pembangunan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2023 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar, yang dikerjakan oleh CV Bumi Ratu dengan nomor kontrak 421/249/PGR.TKN01/PPK/02.03/IV.01/2023 senilai Rp93.260.000,- itu diduga asal jadi.

 

Dikutiip Radarlampung, Sekretaris Komisi II DPRD Pesbar, Erwin Gustom, mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa ada pembangunan pagar sekolah di TK Negeri 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah itu diduga asal jadi.

 

Sehingga, hari ini (kemarin-red) pihaknya menjadwalkan sidak untuk mengetahui langsung kondisi dilapangan, yang pengerjaan pembangunan pagar di TK Negeri 1 Krui itu sudah selesai.

 

Dijelaskannya, dari hasil sidak tersebut memang ditemukan ada beberapa dugaan kejanggalan seperti kolom pondasi pagar samping yang harusnya sesuai dengan perencanaan yakni dengan kedalaman 60 centimeter, namun dari temuan ini tidak sesuai perencaan yakni hanya dengan kedalaman sekitar 12-13 centimeter.

 

 BACA JUGA:Terkuak Peran AKP Andri Meloloskan Barang Haram Melalui Pelabuhan Bakauheni

 

Kemudian, pemasangan kolom pondasi pagar bagian depan didalam perencanaan itu harusnya 45 centimeter, tetapi setelah dilakukan pengecekan itu hanya sekitar 13-25 centimeter. Artinya, tidak mencukupi volume pekerjaan sesuai dengan perencanaannya.

 

“Dalam pengecekan tersebut juga dilakukan bersama pihak konsultan perencanaannya, dan juga dari Disdikbud setempat. Sedangkan, pihak rekanannya tidak hadir,” katanya.

 

Selain itu, kata dia, juga ditemukan adanya bagian pagar panel beton yang sudah retak, bahkan pemasangannya goyang.

 

Sehingga, kondisi itu jelas sangat membahayakan bagi siswa sekolah yang ada di TK tersebut. Dengan adanya beberapa temuan ini pihaknya kembali mengingatkan agar Disdikbud Pesbar, Konsultan Perencanaan, dan juga pihak rekanan agar tidak main-main dalam hal ini.

 

“Kita minta semuanya dilakukan perbaikan, dan tentu kita juga akan kembali melakukan pemeriksaan apakah benar-benar diperbaiki atau tidak. Kita juga minta dapat memprioritaskan kualitas,” jelasnya.

 

Masih kata dia, mengenai persoalan ini nantinya juga akan disampaikan dengan pimpinan, dan tidak menutup kemungkinan tetap akan diagendakan untuk memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, maupun pihak rekanan dan juga konsultan serta terkait lainnya.

 

“Karena ada beberapa pembangunan lainnya juga yang menurut kami harus dilakukan pemantauan dan juga pengawasan,” jelasnya.

 

BACA JUGA:Pemprov Lampung Akan Gunakan Anggaran Belanja tak Terduga Buat Subsidi Beras, Begini Skemanya.. 

 

Sementara itu, Candra, selaku pihak konsultan perencanaan dalam pembangunan pagar sekolah TK Negeri 1 Krui itu mengatakan sesuai dengan intruksi dari DPRD Pesbar bahwa pengerjaan pembangunan pagar sekolah itu dilakukan perbaikan, karena itu mudah-mudahan dalam waktu dekat atau pekan ini sudah mulai diperbaiki.

Sumber: