Damkar Jadi Idola Baru Anak-anak Usia Dini

Damkar Jadi Idola Baru Anak-anak Usia Dini

edukasi dini tentang kebakaran--ist

“Jika terjadi kebakaran, langsung menghubungi petugas kebakaran. Caranya dengan menelepon Call Center Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di nomor 0822-7951-3682 atau 0727-3330-053. Kami Siaga 24 jam,” ujar Rully.

 

Dalam edukasi itu, Rully juga memperkenalkan seluruh peralatan yang digunakan petugas Damkar dan Penyelamatan dalam menjalankan tugas.

Mulai dari alat untuk memadamkan kebakaran hingga alat-alat penyelamatan non kebakaran.

 

“Petugas pemadam ini selain melakukan penanggulangan kebakaran juga melakukan penyelamatan. Ini ada yang namanya Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai oleh petugas saat memadamkan api, pakaian evakuasi lebah, ada juga alat untuk menangkap ular,” tuturnya.

 

Sementara, Kepala TK Masjid Agung Kalianda, Erna Yulis, S.Pd., menyampaikan, bahwa kunjungan ke Dinas Damkar dan Penyelamatan tersebut telah menjadi program tahunan.

 

“Kami membawa 91 anak-anak TK. Kami memperkenalkan kepada anak-anak bahwa profesi atau pekerjaan itu salah satunya adalah petugas Damkar dan Penyelamatan,” katanya.

 

Erna Yulis menambahkan, tujuan kunjungan itu untuk mengenalkan profesi Petugas Damkar dan bahaya kebakaran terhadap anak-anak sejak dini.

Yang mana, kebakaran itu sendiri dapat diakibatkan oleh hal-hal kecil dari kelalaian manusia.

 

“Biar mereka (anak-anak) tahu sejak usia dini. Harus berhati-hati ketika ada korek api, dari hal kecil saja bisa menyebabkan kebakaran,” kata Erna Yulis. (rls)

Sumber: