355 Warga Disabilitas dan Lansia Bandar Lampung Terima Bantuan ATENSI dari Kemensos

355 Warga Disabilitas dan Lansia Bandar Lampung  Terima Bantuan ATENSI dari Kemensos

Kepala Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, Aklim Sahadi --Deka

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Sebanyak 355 warga dari tiga kecamatan di Kota Bandar Lampung menerima penyaluran bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Bantuan ini guna untuk menjamin mutu atau standar pelayanan dalam pemenuhan hak dan kepentingan terbaik bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, Aklim Sahadi mengatakan, program penyaluran bantuan ATENSI ini dari Kementrian Sosial (Kemensos) untuk warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atas usulan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandar Lampung Tahun 2023.

 

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Gandeng Bulog dan BI akan Gelar Gerakan Pangan Murah


"Kita yang mengusulkan ke Kemensos. Dinsos di Kota Bandar Lampung mengusulkan kebetulan pada saat itu yang dibuka dari kementrian sosial untuk disabilitas dan lansia," kata dia saat diwawancarai, Sabtu (16/9/2023).

Aklim menyampaikan, dari Dinsos Kota Bandar Lampung ada 1000 data yang diusulkan ke kemensos untuk menerima bantuan tersebut.

Namun, lanjut Aklim, data yang diterima saat ini dan langsung disalurkan sekitar 355 orang yang memerlukan bantuan ini.

"Jadi kita ambil data dari kemensos itu kita kirim hampir 1000an," ungkapnya.

"Tapi yang di terima sekarang untuk mereka ada 355 untuk tiga kecamatan di Bandar Lampung," lanjutnya.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Pertimbangkan Jual Aset Untuk Penuhi Kebutuhan Belanja

Tiga kecamatan penerima bantuan tersebut, yakni Kecamatan Teluk Betung Utara, Bumi Waras dan Teluk Betung Timur.

"Dulu bulan Februari Tanjung Karang Barat. Yang ini Teluk Betung Timur, Bumi Waras dan Teluk Betung Utara," jelasnya.

Jenis bantuan yang diberikan tersebut berupa nutris, kursi roda standar, kursi roda CP, tongkat tripod, alat bantu dengar, walker, nelbulizer dan perlengkapan tidur.

Kecamatan Teluk Betung Utara menerima penyaluran bantuan atensi sebanyak 165 warga pemerlu.

"Dengan bantuan yang diterima berupa 162 nutrisi, 3 kursi roda standar, 13 tongkat tripod, 3 alat bantu dengar, 1 walker, dan 2 Nebulizer," paparnya.

Kemudia,n Kecamatan Teluk Betung Timur menerima penyaluran bantuan atensi sebanyak 147 warga pemerlu, dengan bantuan yang diterima berapa 45 nutrisi, 2 kursi roda standar, 2 kursi roda CP, 1 tongkat tripod, 1 alat bantu dengar, 1 wallker dan 12 perlengkapan tidur.

Lalu Kecamatan Bumi Waras menerima bantuan atensi sebanyak 139 warga pemerlu, dengan bantuan yang diterima berapa 122 nutrisi, 3 kursi roda standar, 1 tongkat tripod, 1 alat bantu dengar, dan 1 perlengkapan tidur.

BACA JUGA:Bantuan Langsung Tunai Kemiskinan Ekstrem Cair September 2023, Cek Kreterianya

Terakhir Yayasan Busaina menerima penyaluran  bantuan atensi sebanyak 4 warga pemerlu, dengan bantuan yang diterima berapa 4 nutrisi.

Ia berharap, kegiatan ini akan selalu dilakukan dan kedepannya dari dinsos dapat mengusulkan juga khusus untuk anak-anak.

"Harapan kita tetap kita selalu usulkan dan tidak menutup kemungkinan bukan hanya ini aja karna ada juga untuk anak. Mungkin kedepan kita usulkan," pungkasnya. (dka)

Sumber: