PAN Lampung Selatan Paling Banyak Keterwakilan Perempuan

PAN Lampung Selatan Paling Banyak Keterwakilan Perempuan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris DPD PAN Lamsel Agus Sartono beberapa waktu lalu. PAN Lamsel paling banyak keterwakilan perempuan pada Pileg Lamsel 2024 mendatang dengan 24 orang.Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris DPD P--Veridial

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Lampung Selatan menjadi parpol yang paling banyak keterwakilan perempuan pada Pileg 2024 mendatang.

 

Secara jumlah PAN berada di urutan paling atas jumlah Daftar Calon Sementara (DCS) yang melibatkan 24 perempuan didalamnya. Sementara laki-laki berjumlah 26 orang.

 

“ Persentasenya 48 persen keterlibatan perempuannya, paling banyak itu di Dapil 4 ada enam orang caleg perempuannya sisanya tersebar di dapil lain,” kata Sekretaris DPD PAN Lamsel Agus Sartono kepada Radar Lamsel(grup lnp), Minggu (20/8). 

 

BACA JUGA:Lampung Lima Provinsi Paling Rawan Politik Uang

 

]PAN Lamsel seolah ingin menunjukan bahwa emansipasi wanita itu tak sebatas perkataan belaka. Namun pada praktiknya PAN betul-betul memberi ruang terbuka bagi keterwakilan perempuan di kontestasi Pileg 2024 mendatang.

 

 Ya kalau dibilang begitu memang PAN merupakan partai yang terbuka bagi siapapun. Itu juga berkali-kali disampaikan oleh Ketua Umum PAN pak Zul, PAN adalah parpol terbuka tak mesti berhaluan agamis saja yang boleh mencalon, tak harus laki-laki semuanya yang mencalonkan diri. Itulah bukti kalau PAN betul betul menerapkan keterbukaan,” kata Agus Sartono yang juga Wakil Ketua I DPRD Lamsel ini.

 

Masih kata Agus, pada Pileg 2024 mendatang PAN membidik target lebih dibandingkan dengan perolehan kursi DPRD Lamsel pada Pileg sebelumnya. Selain nama-nama baru yang dimunculkan oleh partai berlambang matahari tersebut, hanya satu incumbent yang tidak maju kembali lantaran kondisi yang tidak memungkinkan.

 

“ Hampir semua incumbent yang kini masih duduk di DPRD Lamsel akan maju kembali berkompetisi di Pileg tingkat kabupaten. Hanya pak Harmoni saja yang tidak maju lagi karena factor kesehatan beliau, Harmonimenginstruksikan anaknya untuk maju mencalonkan diri dari Dapil Penengahan,” ucap Agus Sartono.

 

Secara jumlah, PAN berada diurutan teratas jumal keterwakilan perempuan mencapai 24 orang. Itu termaktub pada DCS yang diumumkan oleh KPU Lampung Selatan.

 

 BACA JUGA:Sejumlah Legislator Lampung Selatan Ubah Haluan

 

Lalu disusul PKB dan PKS dengan keterwakilan perempuannya sebanyak 20 orang. Lalu Gerindra, Golkar dan Demokrat masing-masing 19 orang perempuan. Lalu Perindo dengan 18 perempuan, disusul Partai NasDem dengan 17 perempuan dan PDI Perjuangan yang menempatkan 16 perempuan.

 

Kemudian PPP dengan 15 perempuan, dan Hanura menyodorkan 11 perempuan untuk dipilih oleh masyarakat Lampung Selatan. Selanjutnya PSI menempatkan 9 orang perempuan, Partai Ummat 6 orang perempuan, Partai Buruh dengan 5 keterwakilan perempuan, Partai Garuda dan PBB masing-masing 4 perempuan, dan PKN dan Partai Gelora dengan 3 perempuan.

 

Namun jika di persentasekan maka Partai Garuda hadir dengan persentase keterwakilan perempuan paling dominan. Dari 7 nama, empat diantaranya merupakan perempuan.

 

Ketua Partai Garuda Zulhaidir, S.Pd mengatakan kalau partainya tak muluk-muluk. Sebab dilihat dari DCS Partai Garuda fokus di Dapil Lampung Selatan 7 meliputi Kecamatan Katibung, Way Sulan dan Candipuro.

 

“Keterwakilan perempuan di Partai Garuda mencapai 57 persen, tiga laki-laki dan empat perempuan. Kami tidak muluk-muluk, target kami pecah telor di Dapil 7,” kata Zulhaidir belum lama ini.

 

 Dibawah partai Garuda persentase keterwakilan perempuan juga dominan di PSI dengan 53 persen. Dan PKN berada di urutan tiga besar dengan 50 persen keterwakilan perempuan. (ver)

 

Sumber: