Tak Mau Kalah, OPD Lamsel Unjuk Gigi di Lomba HUT RI

Tak Mau Kalah, OPD  Lamsel Unjuk Gigi di Lomba HUT RI

Ketua PDBI Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyaksikan penampilan peserta lomba drum band tingkat pelajar di Lapangan Kalianda Expo, Selasa (15/8/2023).--Ist Idho

KALIANDA.LAMPUNGNEWSPAPER - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan berlangsung meriah. Pasalnya, berbagai perlombaan tradisional bagi pegawai dan drumband tingkat sekolah digelar untuk menyemarakan peringatan tersebut.

 

 Kegiatan yang diikuti oleh tim gabungan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelajar ini, dibuka langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Gedung Olahraga Way Handak (GWH), Kalianda, pada Selasa (15/8/2023). 

 

 Pembukaan ditandai dengan pemukulan cetik oleh Bupati Nanang Ermanto didampingi anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Selatan. 

 

BACA JUGA:Jangan Lengah! Tiga Desa di Palas Rentan Kekeringan 

 

Dalam kesempatan itu, Bupati Nanang Ermanto menyampaikan, apresiasi atas perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk tetap melestarikan budaya-budaya bangsa agar tetap terjaga, yang dibalut dengan semangat nasionalisme dalam diri seluruh masyarakat di Bumi Khagom Mufakat ini.

 

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, untuk anak-anak kita. Mari kita lestarikan kebudayaan yang ada kepada anak-anak kita, bangsa Indonesia," kata Nanang Ermanto. 

 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Lampung Selatan selaku Ketua Pelaksana, Eka Riantinawati melaporkan, jenis perlombaan yang digelar, diantaranya lomba balap karung, terompah, nasi tumpeng, dan drumband. 

 

Kemudian lomba gamelan, memasukkan paku ke dalam botol, menangkap belut, makan kerupuk, tarik tambang, balap kelereng dan lomba menyanyi lagu daerah dan lagu perjuangan. 

 

"Peserta pada kegiatan ini terdiri dari pegawai ASN maupun THLS di seluruh badan dinas, bagian kantor, kecamatan, anggota PKK dan Dharma Wanita Persatuan serta para pelajar dari tingkat SD, SMP se-Kabupaten Lampung Selatan," terang Eka. 

 

Terpisah, Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto yang membuka kegiatan lomba drum band tingkat SD dan SMP di lapangan Lampung Selatan Expo menegaskan, lomba itu merupakan rangkaian Lomba peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78 yang secara resmi dibuka oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. 

 

"Terima kasih kepada jajaran Dinas Pendidikan juga PDBI dan Koni Lampung Selatan yang telah menggelar perlombaan Drum Band ini," ungkap Winarni.

 

Menurutnya, lomba tersebut adalah ajang bagi para siswa-siswi berbakat untuk menampilkan kemampuannya. Juga menjadi ajang untuk mencari atlet-atlet Drum Band Lampung Selatan. 

 

BACA JUGA:OJK Lampung Kembali Kembangkan Desa Inklusi Keuangan di Lampung Selatan


"Semoga dengan adanya perlombaan ini jadi daya tarik sekolah-sekolah yang belum punya grup Drum Band bisa mengadakan kegiatan Drum Band di sekolahnya," tegasnya.

 

Dia berharap, kegiatan lomba Drum Band ini juga membawa efek positif dalam kemajuan olah raga di Kabupaten Lampung Selatan. "Saya berharap kegiatan lomba seperti ini membawa efek positif untuk kemajuan daerah," pungkasnya.

 

Seperti diketahui, lomba drum band tingkat pelajar itu diikuti oleh 20 peserta. Yang terdiri dari 11 tim tingkat SD dan 9 tim tingkat SMP dengan total peserta sebanyak 1.168 siswa. (idh)

 

Sumber: