Warga Pulau Sebesi Lamsel Akhirnya Punya Ambulans Laut

Warga Pulau Sebesi Lamsel Akhirnya Punya Ambulans Laut

Ambulan Laut Pulau Sebesi--

RAJABASA, LAMPUNGNEWSPAPER - Impian masyarakat Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, yang ingin memiliki ambulans laut akhirnya jadi kenyataan.

Transportasi idaman itu bisa ada setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung dan mewujudkannya. Ambulans itu diserahkan pada tanggal 11 Juni 2023 lalu, dan dilakukan langsung oleh Luqman Hakim, Ela Nuryamah dari F-PKB DPR-RI.

Serta Wakil Gubernur Provinsi Lampung, sekaligus Ketua PKB Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim, yang bertempat di Dermaga wisatai Desa Kunjir. Kehadiran ambulans laut tidak terlepas dari peran Yodistara Nugraha sebagai penyambung lidah ke para petinggi itu. Pria yang dikenal sebagai Penggiat Wisata itu juga memiliki koneksi dengan akun media sosial Partai Socmed, yang turut menjadi perpanjangan tangan.

BACA JUGA:Tidak Harus jadi Public Figure, Kamu bisa dapat Centang Biru di Sosial Media Dengan Berlangganan

Ambulans laut itu mempunyai spesifikasi model perahu jukung berbahan fiberglass dengan panjang sekitar 12 meter, lebar sekitar 1,3 meter, dan dilengkapi dengan single outboard engine 40 tenaga kuda, tabung oksigen, P3K dan peralatan keselamatan serta pencarian.

“Ambulans ini sudah 5 kali mengantar warga yang sakit menuju ke Pelabuhan Canti,” kata Yodis kepada Radar Lamsel, Kamis, 27 Juli 2023. Pelabuhan Canti memang menjadi tujuan utama kapal dari Pulau Sebesi.

Dermaga yang ada di sana jadi tempat bongkar muat penumpang, kendaraan, dan juga barang. Ongkos pulang pergi dari Pulau Sebesi ke Pelabuhan Canti terbilang murah, yakni sebesar Rp500 ribu. “Sampai saat ini biaya tersebut masih ditanggulangi secara swadaya oleh masyarakat setempat,” katanya.

Sebagai orang yang diberi tanggungjawab untuk merawat ambulans laut, Yodis  mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya dari PKB. Berkat kepedulian mereka terhadap warga Pulau Sebesi, kata Yodis, dan perjuangan Partai Socmed, impian memiliki ambulans laut menjadi kenyataan. (rnd)

Sumber: