BKKBN: Hari Keluarga Nasional 2023 Jadi Momentum Penguatan Peran Keluarga dalam Percepatan Penurunan Stunting

BKKBN: Hari Keluarga Nasional 2023 Jadi Momentum Penguatan Peran Keluarga dalam Percepatan Penurunan Stunting

--

LAMPUNGNEWSPAPER - Hari Keluarga Nasional dirayakan setiap tanggal 29 Juni. Pada tahun 2023 ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjadikan Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-30 sebagai momen yang tepat untuk menguatkan peran keluarga dalam upaya menurunkan prevalensi stunting.

 

"Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam percepatan penurunan stunting, terutama dalam memberikan praktik pengasuhan yang baik dan menciptakan lingkungan sanitasi yang memenuhi standar kesehatan," kata Kepala BKKBN Dr. (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) melalui siaran pers, Kamis (29/06/2023).

 

Menurut Hasto Wardoyo, Peringatan Hari Keluarga Nasional 2023 merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen bersama seluruh lapisan masyarakat dalam upaya meningkatkan peran keluarga dalam menurunkan stunting.

 

Hasto Wardoyo menjelaskan bahwa stunting, yang merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurangnya stimulasi lingkungan yang mendukung, ditandai dengan tinggi atau panjang badan anak yang berada di bawah standar, masih menjadi masalah di Indonesia saat ini.

 

Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2022, prevalensi stunting mencapai 21,6 persen. Artinya, satu dari lima anak di Indonesia mengalami stunting.

 

"Oleh karena itu, peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta komunitas berperan penting dalam mencegah stunting dan mempersiapkan anak-anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal sebagai generasi yang maju," ujar Hasto Wardoyo.

 

Hasto Wardoyo menekankan bahwa perlu dilakukan berbagai upaya untuk memperkuat peran keluarga dalam menurunkan stunting.

 

Sumber: