12 Anak Muda Kibarkan Bendera Hari Keluarga Nasional di Gunung Ceremai

12 Anak Muda Kibarkan Bendera Hari Keluarga Nasional di Gunung Ceremai

--

JAWA BARAT, LAMPUNGNEWSPAPER - Satuan Karya Keluarga Berencana (Saka Kencana) dan Forum Generasi Berencana (GenRe) Jawa Barat melakukan Ekspedisi Pendakian dan Pengibaran Bendera Hari Keluarga Nasional (Harganas). Pengibaran Bendera dilakukan di puncak Gunung Ceremai atau Ciremai di Kabupaten Kuningan (Jawa Barat) pada tanggal 29 Juni 2023, tanggal di mana Harganas diperingati secara nasional.

 

Pelepasan tim ekspedisi dilakukan oleh Ketua Tim Kerja Balnak, Elma Triyulianti, yang juga merupakan Mentor Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, di Balai Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, pada hari Selasa (27/06/2023).

 

Tim ekspedisi yang terdiri dari 12 anak muda ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kuningan, Alfalah Shiddieqy Arifin.

 

Alfalah bukanlah sosok yang asing di kalangan pecinta alam Kuningan. Dia adalah pegiat kelompok pecinta alam "AKAR" (Anak Kuningan Alam Rimba).

 

Gunung Ceremai (Latin: Gunung Ceremé) dipilih sebagai lokasi pengibaran Bendera Harganas tahun 2023 karena gunung ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Barat. Puncaknya berada pada ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

 

Beberapa gunung tertinggi lainnya di Jawa Barat antara lain Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl, Gunung Gede (2.927 mdpl), Gunung Cikuray (2.821 mdpl), dan Gunung Papandayan (2.665 mdpl). Saat ini, Gunung Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektar.

 

Sebelum melepas tim, dari kaki Gunung Ceremai, Elma menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari salah satu program prioritas nasional yang saat ini diberikan oleh BKKBN, yaitu percepatan penurunan stunting.

 

Sumber: