PDAM Metro Ungkap Penyebab Tinggi Rendah Debit Air ke Rumah Warga

--
LAMPUNGNEWSPAPER.COM--Staf Bagian Distribusi dan Perbaikan Instalasi Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Metro, mengungkap penyebab debit air kecil bahkan mati, ke rumah-rumah masyarakat pelanggan.
Salah seorang Staf Bagian Distribusi/Perbaikan Instalasi Air PDAM Kota Metro, Tarbun menjelaskan, debit air yang kecil atau malah matinya aliran air PDAM di rumah pelanggan, umumnya disebabkan adanya kendala teknis, kerusakan pada pipa instansi pendistribusian air.
"Beberapa kendala teknis di PDAM, itu berdampak ke pendistribusian air ke rumah-rumah pelanggan. Misalnya, kerusakan jaringan instalasi air. Karena, selama pipa air itu diperbaiki, maka kran utama itu kan kami matikan dulu. Kita kosongkan dulu pipanya, supaya bisa diperbaiki pipa yang rusak," kata Tarbun, Kamis, 15/5/2025.
Kerusakan pada jaringan air itu, menurut Tarbun, diduga karena pipa instalasi yang usianya sudah cukup tua. Konstruksi usang yang terpasang di ruas-ruas jalan di Kota Metro, merupakan peninggalan pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah era 80an.
BACA JUGA:Imbas Aliran Air Macet, UPT PDAM Kota Metro Berikan Diskon 50 Persen Pembayaran Tagihan
BACA JUGA:SPAM Belum Beroperasi Maksimal, PDAM Dan Pemda Akan Ambil Langlah Tegas Proses Pemindahan Pelanggan
"Ya, kalau jaringan instalasi yang ada sekarang ini, itu memang sudah sejak PDAM berdiri, dari tahun 80an ya. Waktu itu masih pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah, belum jadi Kota Metro," ulasnya.
Penyebab lain yang berdampak pada tinggi-rendahnya debit air PDAM Kota Metro, antara lain dipengaruhi oleh stabilitas arus listrik PLN dan faktor cuaca, atau bencana alam semisal banjir.
Pemadaman listrik menyebabkan matinya arus air PDAM yang mengandalkan mesin-mesin tenaga listrik. Sehingga, hal itu menyebabkan pendistribusian air juga ikut terganggu.
Sedangkan, curah hujan yang tinggi atau malah banjir, dapat mempengaruhi mekanisme kerja Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air. Hal itu juga mempengaruhi aktivitas distribusi air ke rumah pelanggan air bersih PDAM.
"Kalau PLN mati listrik, kita juga ikut mati air. Kalau WTP itu bermasalah, kan kita juga enggak bisa produksi, akhirnya enggak bisa kirim air," ungkapnya.
PDAM Kota Metro mengimbau, masyarakat pelanggan air bersih agar menjaga pasokan air di rumah, dengan menyediakan wadah penampungan yang memadai. Hal itu diharap akan dapat membantu, dalam hal ini mencukupi kebutuhan air, apabila PDAM mengalami kendala teknis.
"Maka, kami juga mengimbau masyarakat pelanggan PDAM, untuk punya wadah penampungan air. Jadi, kalau sewaktu-waktu ada kendala teknis, pelanggan PDAM sudah siap, karena punya pasokan air yang cukup," tukasnya.
Air bersih sebagai salah satu kebutuhan hidup yang paling mendasar, seharusnya benar-benar dijaga kualitasnya, diperhatikan benar-benar dan dipenuhi.
Sumber: