Kepesertaan BPJS Kesehatan 97,41 Persen, Walikota Eva Raih Penghargaan UHC 2024

Kepesertaan BPJS Kesehatan 97,41 Persen, Walikota Eva Raih Penghargaan UHC 2024

--

JAKARTA - Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana kembali menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024, di Krakatau Ballroom TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024).

 

Eva Dwiana dinyatakan sebagai salah satu Kepala Daerah di Indonesia yang sangat peduli dengan kesehatan masyarakat.

 

Berkat program jaminan kesehatannya tersebut, Pemerintah Kota Bandar Lampung memiliki persentase senilai 97,41 persen sebagai daerah yang telah memiliki kepesertaan BPJS Kesehatan. 

 

Berkat komitmen yang tinggi terhadap kesehatan masyarakat, Eva Dwiana dapat kembali meraih penghargaan UHC Award ini.

 

Kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

 

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin menyampaikan, bahwa Pemerintah menetapkan 95 persen untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat.

 

"Alhamdulillah saat ini kita sudah mencapai target ini, dan tentunya kedepan akan terus kita tingkatkan kualitasnya, demi mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia yang merata," ujarnya.

 

Kemudian, Ma'ruf Amin juga menginginkan setiap daerah harus memperluas jangkauan kepesertaan BPJS hingga 100 persen, harus melakukan pendekatan secara efektif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iuran, harus memastikan adanya monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas pelayanan.

 

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin juga berharap lewat pemberian penghargaan ini, dapat menjadi motivasi bagi Daerah di Indonesia supaya semakin meningkatkan jumlah peserta dan jaminan kesehatan di daerahnya masing-masing.

 

"Saya berikan apresiasi terhadap UHC Award ini, dan juga kita telah diakui oleh International Social Security Association. Tentunya target yang telah kita tetapkan tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama dan kolaborasi dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Kedepan, program jaminan kesehatan ini harus semakin ditingkatkan dan pelayanan kesehatan dimasyarakat harus lebih baik. Bersama kita gotong royong untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih terjamin," katanya.

 

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Perangkat Daerah yang telah berupaya bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Tapis Berseri. 

 

"Ucapan terimakasih saya sampaikan buat Perangkat Daerah terkait yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kesehatan buat masyarakat, selain itu buat BPJS Kota Bandar Lampung saya juga menyampaikan terimakasih, karena berkat sinergi inilah Pemerintah Kota Bandar Lampung dapat meraih penghargaan ini," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Eva Dwiana juga menyampaikan, bahwa salah satu program unggulannya adalah Kesehatan Gratis yang saat ini sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kota Bandar Lampung.

 

"InsyaAllah, hal ini terus akan kita lanjutkan dan merupakan komitmen kami, dalam mencapai jaminan kesehatan masyarakat yang inklusif dan merata di Kota Bandar Lampung," pungkasnya. (dka)

Sumber: