KAI Divre IV Tanjungkarang Sukses Layani 72.597 Penumpang di Masa Angkutan Lebaran 2024
--
BANDARLAMPUNG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang telah menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari sejak H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) lalu. Pada periode tersebut, KAI Divre IV Tanjungkarang telah melayani 72.597 penumpang, dengan rincian 45.571 penumpang KA Kuala Stabas rute Tanjungkarang s.d Baturaja (pp) dan 27.025 penumpang KA Rajabasa rute Tanjungkarang s.d Kertapati (pp).
Pada angkutan Lebaran 2024 ini, tujuan favorit masyarakat dari Tanjungkarang yaitu menuju Stasiun Kotabumi dengan jumlah penumpang datang sebanyak 13.206, Stasiun Baturaja dengan jumlah penumpang datang sebanyak 11.663, dan Stasiun Martapura dengan jumlah penumpang datang sebanyak 5.823.
Jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 di wilayah Divre IV Tanjungkarang selama 22 hari ini meningkat 63% dibanding angkutan Lebaran 2023 sebanyak 44.493.
“Peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan antara masa angkutan Lebaran 2024 dibandingkan angkutan Lebaran tahun sebelumnya karena KAI Divre IV Tanjungkarang telah menambah 7.488 kursi. Awalnya hanya ada 51.480 kursi, namun karena antusias masyarakat yang tinggi akhirnya KAI Divre IV Tanjungkarang menambahkan jumlah kursi menjadi 58.968 kursi pada masa angkutan Lebaran 2024 ini,” ungkap Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari.
Adapun Ia juga menjelaskan okupansi penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 mencapai 123% dari total tempat duduk yang disediakan sebanyak 58.968.
“Tiket yang terjual melebihi kuota tempat duduk karena adanya penumpang dinamis yakni terdapat penumpang yang naik di stasiun antara. Seperti, jika KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang s.d Baturaja itu dihitung satu tiket. Pada kenyataannya ada penumpang yang turun dan naik di antara kedua stasiun tersebut seperti di stasiun Kotabumi,” ungkap Zaki.
“Suksesnya angkutan Lebaran ini tidak terlepas dari banyaknya bantuan yang diberikan kepada KAI Divre IV Tanjungkarang. Kami menyampaikan terima kasih kepada internal dan eksternal seperti pelanggan kereta api, media, pemerintah, TNI/POLRI, dan komunitas-komunitas/Railfans, serta semua pihak yang mendukung angkutan Lebaran 2024 ini sehingga terlaksana dengan baik. Hal tersebut memberikan motivasi bagi Insan KAI Divre IV Tanjungkarang untuk terus memberikan pelayanan prima kepada seluruh pelanggan,” tutup Zaki. (rls)
Sumber: